Jangan Hamburkan Anggaran Desa!

    SAMPIT – Besarnya anggaran yang dikucurkan untuk desa, bukan berarti harus dihambur-hamburkan untuk program yang kurang bermanfaat. Justru penggunaan anggaran dituntut lebih efisien supaya makin banyak anggaran yang bisa digunakan untuk pembangunan desa.

    Anggota DPRD Kotim, Alexius Esliter menyoroti adanya program bimbingan teknis untuk kepala desa yang dilaksanakan di luar daerah. Menurutnya program ini hanya menimbulkan pemborosan karena seharusnya bimbingan teknis itu cukup dilaksanakan di Sampit sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

    “Bimtek untuk dengan mengajak kepala desa ke luar daerah, perlu dikurangi. Alangkah baiknya untuk pembekalan para kepala desa itu bkita laksanakan di daerah ini saja. Kan ada Gedung Serbaguna dan Gedung Wanita, tinggal mengundang narasumber, jadi biaya lebih kecil dibanding para kepala desa yang berangkat ke luar daerah,” tegas Alexius. Jumat (6/2).

    Besarnya anggaran desa harus benar-benar digunakan untuk pembangunan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program yang kurang mendesak, harus dikurangi demi efisiensi penggunaan anggaran dan percepatan pembangunan.

    “Di Kotim masih banyak desa yang tertinggal dan membutuhkan perhatian pemerintah. Anggaran yang begitu besar tahun ini, menjadi kesempatan yang baik untuk membangun desa yang dampaknya masyarakat juga yang akan menikmatinya,” katanya.

    Alexius mengaku pernah merasakan betapa sulitnya membangun desa dengan anggaran yang minim saat dia menjabat kepala desa beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, besarnya anggaran desa saat ini menjadi momen tepat untuk menggenjot pembangunan di desa. (bro/060215/beritasampit.com)

    (Visited 4 times, 1 visits today)