Indahnya Air Terjun Merah di Ujung Pandara

    SAMPIT – Kawasan Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit ternyata tidak hanya memiliki potensi wisata berupa pantai nan indah, tetapi ternyata ada potensi lain yang sangat unik. Yakni, air terjun yang oleh masyarakat setempat sering disebur air terjun merah, sesuai warna airnya agak kemerahan.

    Air terjun air merah terletak di kampung Kalap Gadur. Air terjun berwarna kemerah-merahan dan sangat jernih ini mengalir dengan deras dari atas tebing yang hanya setinggi sekitar tiga meter.

    Saat panas terik, suara gemuruh dan gemericik dari air yang berasal dari wilayah hulu hutan pedalaman ini, memberikan nuansa alami yang berbeda. Lokasi ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luar daerah tersebut.

    Camat Teluk Sampit, Nasruddin, mengatakan pesona di lokasi ini sangat menarik karena air terjun yang hanya setinggi sekitar tiga meter tersebut, airnya berwarna kemerah-merahan dan relatif datar atau tidak tinggi. Suasana di kawasan ini masih alami.

    Untuk mencapai lokasi air terjun  merah di Kampung  Kalap Gadur, dapat ditempuh dari Desa Ujung Pandaran menuju arah Kabupaten Seruyan. Hanya dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 20 menit atau sejauh 20 kilometer, baik dengan mengendarai mobil maupun sepeda motor.

    Air yang turun langsung mengalir ke sungai kecil hingga menuju ke bibir pantai. Potensi ini harus bisa dikembangkan sebagai bagian menjadi satu paket wisata dengan pantai ujung pandaran, yakni wisata darat dan laut.

    Masyarakat mengusulkan agar objek wisata tersebut dikembangkanm sehingga bisa menjadi salah satu andalan pariwisata Kotim. Potensinya sangat besar karena lokasinya cukup mudah dijangkau. (bro/260315/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)