DPRD Palangka Raya Belajar ke Kotim

    SAMPIT – DPRD Kota Palangka Raya melakukan studi banding ke Kabupaten Kotawaringin Timur, terkait pembuatan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) keuangan, Rabu (1/4/2015). Kedatangan mereka disambut hangat anggota DPRD di daerah ini.

    “Tujuan studi banding ini adalah untuk pengayaan wawasan bagi anggota DPRD Kota Palangka Raya, khususnya terkait dengan LKPj wali kota dan DPRD Kota Palangka Raya,” kata Riduanto, selaku ketua rombongan.

    Rombongan terdiri dari tujuh orang anggota Komisi A didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Kota Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraini. Mereka diterima anggota DPRD Kotim yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kotim, Jhon Krisli.

    Kotim dipilih menjadi lokasi studi banding karena merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar dan perekonomiannya tertinggi di Kalteng. Selain itu, pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan Pemerintah Kabupaten Kotim dinilai cukup baik sehingga bisa menjadi masukan bagi Kota Palangka Raya.

    Masalah lain yang disampaikan yaitu terkait pembagian anggaran pembangunan. DPRD Kota Palangka Raya ingin mencari masukan agar pembagian anggaran di kota mereka bisa merata.

    “Selama ini dalam musrembang masih banyak yang tidak ter-cover pelaksanaannya dengan alasan klasik dari pemerintah yaitu dana yang terbatas. Prioritas pembangunan yang dibuat oleh pemerintah hampir tidak mengakomodir tuntutan dari konstituen yang disampaikan melalui anggota-anggota dewan di dapil masing masing,” ujarnya.

    Sementara itu, DPRD Kotim dengan tangan terbuka berbagi informasi terkait pengelolaan keuangan daerah ini. Kerjasama yang baik antara DPRD dan pemerintah kabupaten, membuat pengelolaan keuangan di Kotim cukup baik.

    Sekadar diketahui, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur meraih predikat daerah dengan kinerja Terbaik I di Kalimantan Tengah dalam pengelolaan anggaran pemerintah pada tahun anggaran 2014.  Gubernur Agustin Teras Narang pun memberikan penghargaan sebagai apresiasi atas pencapaian tersebut.

    Penghargaan itu diumumkan saat video conference pelaksanaan kick off penandatanganan kontrak pengadaan barang dan jasa pemerintah secara kolektif tahun anggaran 2015 di Palangka Raya dan diikuti seluruh kabupaten/kota dipimpin gubernur pada 26 Januari lalu.

    Gubernur mengumumkan, daerah yang meraih predikat Terbaik I, II dan III yaitu Kotawaringin Timur, Kapuas dan Gunung Mas. Selanjutnya daerah dengan predikat Terbaik Harapan I, II dan III yaitu Lamandau, Kotawaringin Barat dan Barito Selatan. (vis/010415/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)