Ular Sanca Masuk Rumah Gegerkan Warga Pelangsian

    SAMPIT – Warga Jalan Ir H Juanda Gang Dadahup Desa Pelangsian Pelangsian Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotim digegerkan oleh masuknya seekor ular sanca kembang sepanjang tiga meter ke rumah salah seorang warga, Hudron, Sabtu (02/01) malam sekitar pukul 20.30 WIB. Meski tidak menyerang penghuni rumah, namun masuknya ular tersebut ke dalam rumah penduduk sempat menyita perhatian warga sekitar.

    “Tidak tahu kapan ular tersebut mulai masuk ke dalam rumah itu, namun salah seorang penghuni rumah melihatnya masuk ke dalam kamar dan kemudian naik ke atas plafon rumah,” terang salah seorang warga Desa Pelangsian yang membantu menangkap ular tersebut, Minggu (03/01) pagi.

    Disampaikannya, tidak mudah menangkap ular sanca tersebut. Selain cukup besar, ular tersebut juga bersenbunyi di atas plafon rumah. “Ularnya melingkar di kasau atas rumah. Sulit mengeluarkannya, sehingga untuk menangkapnya terpaksa dilukai kepalanya dengan tombak terlebih dahulu,” tambahnya.

    Setelah melalui berjuang sekitar satu jam lebih, warga akhirnya berhasil menangkap ular sanca tersebut yang diperkirakan memiliki berat hampir 20 kilogram itu. “Memang di Pelangsian ini beberapa kali warga yang menangkap ular, baik di sekitar rumah, maupun yang masuk ke dalam rumah,” tambah warga lainnya.

    Ular sanca yang berhasil ditangkap tersebut rencananya akan dijual ke pengepul di Sampit malam itu juga. “Tapi rumah pengepulnya kosong tidak ada orang, sehingga dibawa kembali ke Pelangsian,” tandasnya. Selain ular, binatang yang kerap ditangkap warga karena mendekati pemukiman adalah biawak. (Saf/030116)