Dana Desa Melimpah, Aparat Desa Harus Paham Pengelolaannya

    SAMPIT –  APBDes tahun 2016 untuk 8 desa yang ada di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS), Samuda, masing-masing mencapai Rp1 milyar lebih bersumber dari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa. Guna memuluskan pengunaan dana itu, Pemerintah Kabupaten Kotim melalui dinas instansi terkait mensosialisasikan cara pengelolaan keuangan desa yang benar, cepat dan tepat sasaran.

    Acuan berdasarkan Permen Desa nomor 1 tahun 2015 tentang pedoman kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa yang berlangsung di Aula Lantai II Kecamatan, Rabu(3/2). Camat Mentaya Hilir Selatan (MHS), Jumberi SIP, mengucapkan terima kasih kepada tim pembina kabupaten untuk bisa hadir ke kecamatan tersebut.

    Kegiatan tersebut diikuti  para kepala desa,sekretaris desa, bendahara, ketua BPD, sekretaris BPD dan pendamping desa. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan akan lebih menambah pengetahuan dalam mengunakan anggaran. “Kami sangat berterima kasih pada tim pembina yang telah hadir mensosialisasikan cara pengelolaan keuangan desa,” kata Jumberi.

    Dia menambahkan, mudah-mudahan dengan dilaksanakannya sosialisasi dan cara pengelolaan keuangan serta pengunaan dana desa dan alokasi dana desa tahun 2016 ini tepat sasaran, sesuai yang kita inginkan bersama. “Kami meminta kepada semua desa yang mengikuti rapat sosialisasi untuk memperhatikan dan mencatat arahan –arahan yang disampaikan oleh tim pembina agar menggunakan anggaran nanti terlaksana dengan baik dan sempurna,” harapnya.

    Hadir sebagai nara sumber  dari Ispektorat di wakili oleh Otter SH, Bappeda Sri Maulidah, BPMPD  Kristian Fery dan DPKAD Dedi Susanto. Delapan desa yang mengikuti sosialisasi pengelolaan keuangan yaitu, Desa Jaya Karet, Desa Basirih Hulu, Desa Jaya Kelapa, Desa Handil Sohor, Desa Samuda Kecil, Desa Samuda Besar, Desa Sebamban dan Desa Sei Ijum Raya.(Umr/Beritasampit)