Kotim Masih Aman Virus Zika

    SAMPIT – Kabupaten Kotawaringin saat ini ternyata masih aman terhadap penyebaran dari virus zika. Jika dilihat dari perjalannya, virus zika merupakan virus yang proses penularannya melalui media nyamuk Aedes aegypti, masih satu family dengan virus lain seperti virus penyebab penyakit demam berdarah, penyakit kuning, dan penyakit chikungunya.

     

    Penyakit ini juga tergolong ringan, tidak seperti DBD, namun memiliki gejala yang sama. Hal ini disampaikan Roby, selaku pengelola Program Pengendalian Penyakit DBD Dinas Kesehatan Kotim, saat melakukan fogging fokus di SDN 2 Sawahan, Kamis (4/2/2016). Ditambahkan Roby bahwa pihaknya terus melakukan fogging di beberapa titik yang endemis sejak Januari 2016.

     

    “Kami baru saja menerima laporan resmi dari sekolah SDN 2 Sawahan, bahwa ada salah satu murid yang terserang DBD. Sehingga kami lakukan fogging fokus hari ini di sekolah ini dan selanjutnya dilokasi rumah murid yakni di Antang Barat,” ujar Roby. Pihaknya sendiri meminta agar masyarakat tetap menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh.

     

    Termasuk menjaga kebersihan lingkungan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta 4M, yakni menguras, menutup, mengubur, dan memantau, serta tidak bepergian ketempat yang sudah dinyatakan endemis virus zika atau virus lainnya.

    Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kotim, selama bulan Januari 2016, terdapat 19 penderita DBD. Pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan semua pihak, sehingga kasus DBD dan lainnya bisa dicegah secara dini. (Raf/Beritasampit)

     

    (Visited 3 times, 1 visits today)