Festival Habaring Hurung 2016 Resmi Dimulai

    SAMPIT-Festival Budaya Habaring Hurung 2016, resmi dimulai. Pembukaan event tahunan pariwisata yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur ini dilaksanakan di Taman Kota Sampit dan dibuka oleh Sekretaris Daerah, Putu Sudarsana pada Sabtu (19/3/2016) malam.

    Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim, Fajrurrahman mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan mulai 19 hingga 27 Maret ini membawa banyak manfaat. Seperti pelestarian dan pengembangan seni dan budaya, menggali bakat generasi muda hingga promosi pariwisata daerah. Peserta berasal dari 17 kecamatan, mahasiswa dan pelajar.

    “Para juara lomba di Festival Budaya Habaring Hurung ini nantinya juga akan mewakili Kotim pada Festival Budaya Isen Mulang Kalimantan Tengah di Palangka Raya pada Mei nanti,” kata Fajrurrahman.

    Cabang-cabang seni budaya yang diperlombakan yaitu karungut, badeder, pemilihan putra putri pariwisata, manyipet, bagasing, balogo, sepak sawut, lawang sakepeng, dayung, besei kambe, masakan khas daerah dan lomba foto.

    Masyarakat yang ingin menyaksikan bisa datang ke Taman Kota Sampit. Untuk pemilihan putra dan putri pariwisata, puncaknya dilaksanakan pada tanggal 22 dan 23 Maret malam di Taman Kota Sampit. (vis/beritasampit.com)