Ekspedisi Bukit Kaminting, Gali Pariwisata yang Tersembunyi

    KUALA KURUN–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) menggelar rapat untuk mematangkan persiapan dan rute untuk jalur darat maupun sungai menuju lokasi ekspedisi objek wisata kawasan Bukit Kaminting, Puruk Tantan/Sama Tuan dan sekitar wilayah Hulu Daerah Aliran Sungai (DAS). Pra ekspedisi ini sendiri akan dilaksanakan pada 20-25 April mendatang.

    ”Ini perlu dilakukan, agar kita tahu dulu rute yang bisa digunakan, entah itu bisa melalui jalur darat maupun sungai, sehingga nantinya akan mempermudah pelaksanaan ekspedisi ini,” ungkap Arton saat dibincangi wartawan, di Kantor Bupati Gumas, Rabu (6/4).

    Disampaikan Arton, ketertarikan Pemkab Gumas melakukan ekspedisi ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya potensi pariwisata di Kabupaten Gumas yang lebih menarik dari daerah-daerah yang lainnya. Mengapa demikian, karena disamping pariwisata pemandangan alam, juga ada pariwisata susur sungai, riam-riam di DAS Kahayan yang sangat cocok untuk arum jeram, situs-situs sejarah, budaya, pegunungan dan hutan.

    ”Ini juga sebagai upaya pengembangan tujuan wisata. Disana, banyak potensi-potensi pariwisata yang cukup menarik dan punya sejarah tersendiri,” katanya.

    Dia pun mengajak, siapa saja baik itu perorangan, organisasi maupun lembaga lain yang ingin bergabung dan mengikuti pra ekspedisi ini, pada prinsipnya akan diakomodir semua. Namun, dengan catatan harus mempersiapkan sendiri segala sesuatu menurut kebutuhannya masing-masing.

    ”Siapa saja yang mau selalu kita persilahkan dan tidak melarang, asalkan menggunakan aturan dan kesepakatan yang sebagaimana yang diputuskan oleh panitia dan Pemkab Gumas,” ujarnya. (and/beritasampit.com)

    (Visited 8 times, 1 visits today)