Hj Yustina Ismiati SH MH : Posbindu Lansia Perlu Diperhatikan

    PANGKALAN BUN-Kader Pos Pembinaan Terpadu Lanjut Usia (Posbindu Lansia) menjadi ujung tombak  perubahan bidang pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan, di tingkat desa. Pasalnya, para kader mampu mengimplementasikan program meningkatkan kualitas pelayanan kepada Lansia (lanjut usia).

    Hal tersebut dikatakan Hj Yustina Ismiati SH MH, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah saat mengunjungi Posbindu Lansia  Seger Waras  Desa Pangkalan Dewa Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kobar, Minggu (24/4).

    “Posbindu Lansia sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian pemerintah, karena Posbindu Lansia merupakan suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan terhadap Lansia yang ada ditingkat desa dalam masing-masing wilayah kerja Puskesmasnya,” ungkap Yustina, dalam kunjungan kerjanya.

    Diapun menyosialisasikan keberadaan Posbindu, yang juga merupakan wadah kegiatan berbasis masyarakat untuk bersama-sama  menghimpun seluruh kekuatan dan kemampuan masyarakat untuk melaksanakan, memberikan serta memperoleh informasi dan pelayanan sesuai kebutuhan dalam upaya peningkatan status gizi masyarakat secara umum.

    Agar kegiatan Posbindu berjalan dengan baik ,harapan Yustina, agar disetiap desa dibentuk kader-kader Posbindu Lansia, yang trampil sehingga mampu mengarahkan Lansia agar kokoh menjadi teladan keluarganya.

    Sementara itu Ketua Posbindu Lansia  Seger Waras, Jumiati mengatakan jumlah lansia di desa Pangkalan Dewa sebanyak 110 orang dimana setiap minggu selalu melakukan kegiatan rutin, sepeti senam dan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi Lansia seperti  penimbangan berat badan, cek darah.

    “Melalui pengecekan tersebut, penyakit lansia, seperti darah tinggi dan kolesterol bisa terdeteksi,selain itu bertukar pengalaman dari masing-masing lansia,yang menceritakan masa lalunya,seperti pengalaman tentang penyakit yang telah dialaminya,” beber Jumiati kepada beritasampit.com. (man/beritasampit.com)

    (Visited 2 times, 1 visits today)