Hadapi MEA, Masyarakat Kotim Harus Punya Kompetensi

    SAMPIT-Acara talk show dengan tema  Siap Kompetensi Siap Bersaing di MEA  berjalan dengan menarik di Borneo City Mall, Jalan Jendral Sudirman Kilometer 1,5 Sampit. Rabu (4/5) pukul 14.50 WIB. Acara   tersebut di isi oleh tiganarasumber yaitu Dr H Rahmat N. Hamka yang juga anggota DPR-RI, kemudian H. Tugiyo Wiraadmojo dari ketua KADIN Kalteng dan Rizky Mahendra, MM, MNLP dari Ketua DPD HILLSI Kalteng.

    Acara tersebut dihadiri dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru-guru, serta kalangan masyarakat yang sangat antusias.Sejumlah pertanyaan maupun tanggapan nampak menghiasi acara talk show tersebut.

    “Bahwa dunia kerja nantinya tidak lagi hanya membutukan tenaga kerja lulusan S1 ataupun D3 saja, tetapi tenaga kerja yang memang memiliki keterampilan khusus, mampu bersaing serta memiliki sertifikasi kompetensi sebagai syarat pengakuan bahwa mampu bekerja dibidangnya,” ujar Rizky Mahendra.

    “Karakter, mental, serta ilmu pengetahuan juga adalah hal yang wajib diperlukan dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean nantinya, jika mentalnya lemah semangatnya lemah, ketika suatu perusahaan atau tempat-tempat tertentu membuka lowongan pekerjaan, namun itu tidak sesuai dengan pendidikannya, karna Dia adalah lulusan S1 ataupun D3, kemudian Dia menolok itu, tentunya Dia akan gugur terlebih dahulu sebelum mencoba secara langsung,” jelas narasumber lainnya, Tugiyo Wiraatmojo.

    Dengan adanya acara tersebut harapannya masyarakat dapat memahami dan menyiapkan dirinya masing-masing untuk dapat bersaing serta berkompetisi dalam persiapan menuju masyarakat ekonomi ASEAN. (rah/beritasampit.com)