Launching Klaster Berdaya PKPU di Kotawaringin Timur Sukses

    SAMPIT–Kamis, 26 Mei 2016, sejak pagi di halaman Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khoir Desa Handil Sohor Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotim, dipenuhi oleh warga berbaju batik yang datang naik sepeda motor maupun berjalan kaki secara berkelompok. Satu per satu mereka yang hadir langsung saling menyalami petugas berompi PKPU dan mengisi buku tamu.

    Mereka hadir memenuhi undangan PKPU dalam rangka Grand Launching Klaster Berdaya Kotawaringin Timur, yang akan terlaksana di Desa Handil Sohor tepatnya untuk masyarakat di wilayah Transhandil. Undangan yang hadir antara lain  Camat Mentaya Hilir Selatan, Jumberi SSos, Kepala Desa, Badan Penyuluh Pertanian, Puskesmas, Danramil, Danbin, BPD, Gapoktan, PKK, Poyandu, Organisasi Pemuda, dan Ketua RT RW wilayah Transhandil.

     

    Acara berlangsung dengan penuh  kekeluargaan, diawali denganpengenalan PKPU serta maksud pelaksanaan program. Bagi masyarakat PKPU sudah menjadi hal yang mengakrab di semester belakangan ini, semenjak PKPU membantu di wilayah mereka yang terdampak asap di akhir 2015 dalam program pengobatan dan peduli anak sekolah.

    Sambutan dari kepala Desa Handil Sohor dan Camat Mentaya Hilir Selatan melengkapi pembukaan acara yang kemudian dilanjutkan penandatangan komitmen perangkat pemerintahan dan desa. Komitmen ini menandakan dukungan penuh atas terlaksananya Klaster Berdaya ke depan baik dari segi pemerintah hingga ke lapisan masyarakat. Mereka yang berkomitmen meliputi Camat, Kepala Desa, Badan Penyuluh Pertanian, Puskesmas, Danramil, serta Tokoh Penggerak PKK dan Posyandu.

    Pemaparan Klaster Berdaya secara mendalam disampaikan oleh Manajer Program Klaster Berdaya, Akhta Suendra, dimana program ini akan dilaksanakan selama setahun di wilayah Transhandil sebagai pilot project untuk Kabupaten Kotawaringin Timur.

    Tujuan dari Klaster Berdaya yang akan dijalankan di wilayah ini adalah untuk membantu mewujudkan kemandirian masyarakat di berbagai aspek, khususnya dalam akses air bersih dan optimalisasi usaha tani, melihat potensi petani dan kesehatan lingkungan.

    Sebagai perwujudan pemberdayaan masyarakat yang sustainabledan membantu percepatan  pembangunan di wilayah tersebut, diharapkan sinergitas pemerintah dan masyarakat dari mulai remaja/pemuda, ibu-ibu serta dewasa produktif. Hal tersebut disambut baik dengan berbagai tanggapan dan komentar positif dari undangan yang hadir.

    “Saya ucapkan terima kasih atas bantuan dan kepercayaannya untuk membangun warga kami. Dukungan sepenuhnya akan kita berikan baik secara tenaga maupun jika memungkinkan di financial melalui alokasi dana desa dan pengusulan dalam musrembang. Saya kepala Desa Handil Sohor mendukung Klaster Berdaya PKPU, wujudkan Handil Sohor Berdaya,” ucap Bahrudin, Kades Handil Sohor dengan semangatnya. Acara diakhiri dengan foto bersama dan afirmasi dukungan klaster berdaya oleh seluruh undangan yang hadir. ( yeni /PKPU/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)