Tenaga Kesehatan Standby, Puskesmas Juga Tetap Buka

    SAMPIT-Puskesmas tidak mengikuti cuti, hal ini yang diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kotim, dr. Faisal Novendra Cahyo, yang memastikan bahwa pelayanan kesehatan tetap dioptimalkan menjelang lebaran hingga pasca lebaran nantinya, bahkan dihari lebaran sendiri petugas kesehatan juga disiapkan untuk standby memberikan pelayanan pada masyarakat.

    “Puskesmas tidak mengikuti cuti bersama, mereka akan tetap melayani warga yang membutuhkan perawatan kesehatan, intinya kita focus memberikan pelayanan pada masyarakat dan juga pemudik,” ungkap Faisal, Rabu (29/6).

    Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan, Dinkes telah memberikan jaminan bahwa selain mensiagakan tenaga kesehatan, namun kebutuhan obat-obatan diseluruh Puskesmas dan juga rumah sakit telah dipastikan stoknya aman dan sangat mencukupi. “Sepanjang jalur mudik ini obat-obatan cukup dan tenaga kesehatan juga kita pastikan siap setiap saat,”katanya.

    Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Murjani Sampit, dr. Denny Muda Perdana, mengakui dimasa lebaran ada sejumlah dokter spesialis yang mengambil cuti, namun hal itu tidak menjadi kendala terhadap pelayanan kesehatan, IGD tetap berjalan untuk memberikan pelayanan kemasyarakat.

    “Kita tidak bisa melarang ada sekitar 6-7 Poliklinik yang tutup, kita tidak bisa melarang dokter yang cuti, namun kita menjamin pelayanan di rumah sakit tetap berjalan, dan kita masih ada dokter umum di IGD,” ujar Denny.

    Selain itu RSU murjani juga menyiapkan dua Unit ambulan yang selalu siaga, sehingga jika ada masyarakat yang sangat darurat membutuhkan pelayanan, ambulan tersebut siap untuk melakukan penjemputan.

    “Dua ambulan ini satu dikelola pihak ketiga dan satunya di Kelola Rumah sakit, dengan fasilitas yang standar,  keduanya selalu disiagakan dan siap memenuhi kebutuhan pelayanan bagi masyarkat yang membutuhkan,”paparnya.

    Sehubungan dengan arus mudik sendiri, Denny berpesan pada seluruh masyarakat Kotim, untuk selalu menajga kondisi kesehatan, dan jika sakit tidak perlu merasa kuatir karena fasilitas kesehatan selalu siaga 24 jam memberikan pelayanan. (bro/beritasampit.com)

    (Visited 2 times, 1 visits today)