Tingkatkan Pelayanan, Terminal Pelabuhan Sampit Dibangun Lebih Megah

    SAMPIT-Sebagai salah satu pelabuhan dengan jumlah penumpang yang digunakan oleh 60 ribu jiwa setiap tahunnya, maka sudah selayaknya terminal penumpang Pelabuhan Sampit dilakukan pembenahan. Apalagi untuk pelabuhan Sampit akan difokuskan menjadi pelabuhan khusus penumpang, sehingga sangat dibutuhkan fasilitas-fasilitas memadai yang bisa memberikan rasa nyaman pada penumpang.

    “Pendapat saya kurang pas lah, masa Pelindo III di Sampit kondisi bangunannya seperti ini. Harus dirapikan dan kita buat yang lebih baik kita melihat terminal yang ada di Surabaya dan Semarang yang lebih megah, disini kita akan buat dan kemungkinan tidak semegah dua pelabuhan itu. Namun setidaknya lebih bagus, kita akan buat senyamannya untuk terminal ini dengan ukuran bisa menampung 1.500 penumpang,” ungkap Presiden Direktur Pelindo III, Orias Petrus Moedak, saat mengunjungi Pelabuhan Sampit, Senin (15/8).

    Saat ini pembenahan terminal penumpang sampit, menurut Orias, masih dalam proses tender berlangsung. Dirinya menginginkan dengan adanya pembenahan nantinya arus penumpang yang besar dari Sampit, terutama dimasa-masa mudik lebaran bisa tertampung dan mendapatkan pelayanan lebih baik.

    Untuk anggaran pembangunan terminal Sampit, menurut Ories tidak ada permasalahan dari pihak Pelindo III, seluruhnya akan ditanggung oleh pelindo melalui pembiayaan sendiri melalui dana internal Pelindo.

    ”Kita juga akan mengusahakan pinjaman dari perbankkan maupun pasar modal dan untuk pendanaan tidak masalah, kami hanya perlu perizinan dan kerjasama yang baik dengan stakeholder sepelabuhan,” paparnya.

    Pelabuhan Sampit memiliki potensi yang sangat besar, apalagi nantinya akan mengarah ke pelabuhan penumpang, sehingga dengan fasilitas yang nantinya akan di sediakan melalui pembenah terminal, bisa memberikan tempat-tempat bermanfaat baik bagi penumpang maupun masyarakat setempat.

    “Jangan sampai kami siapkan untuk penumpang tapi tidak dimanfaatkan dengan baik juga oleh pemerintah, kita juga ingin keberadaan terminal nantinya juga membantu kepentingan perekonomian masyarakat sekitar sini,”tandasnya. (bro/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)