DR Juni Gultom ST MTP: Desa Sebuai Bakal Jadi Kawasan Industri. Karena?

    PANGKALAN BUN–Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Daerah (PUD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), DR Juni Gultom ST MTP  mengatakan, Desa Sebuai Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar, bakal dijadikan kawasan industri. Karena lokasinya selain dekat dengan pantai, juga wilayahnya sangat strategis,untuk akses infrastruktur membangun jalan baru ke pusat Kota Pangkalan Bun.

    “Pembangunan jalan baru menuju Sebuai, mulai terbuka, dan belum lama ini ditinjau oleh Pak Gubernur H Sugianto Sabran,yang masuk dari Desa Kumpai Batu Atas menuju jalan baru ke Sebuai,” ungkap Juni Gultom, saat dikonfirmasi beritasampit com, Jumat (19/8), sambil menunjukan peta jalan baru di ruang kerjanya.

    Menurut Juni Gultom, pembangunan jalan  lingkar (ring road)  dari Desa Kumpai Batu Atas ke Sebuai sudah rampung sekitar 70persen, bahkan dari arah Kumai ke Sebuai sudah diaspal.“Nantinya jalan terus dibangun, yang sudah tembus dari Kumpai Batu Atas ke Sebuai, bisa tembus ke beberapa akses jalan desa lainnya dan bandara baru, hingga menuju ke arah Kota Pangkalan Bun. Panjang jalan Ring Road sekitar 40 Km, dan lebar badan jalan sekitar 60 meter, anggaran biaya diperkirakan Rp200 milliar,” jawab Juni Gultom.

    Ditambahkan Juni Gultom, Dinas PUD Kobar selain membidik pembangunan infrastruktur Jalan Ring Road, juga mengembangkan jalan desa di Pangkut Kecamatan Aruta dan Kecamatan Kotawaringin Lama, serta desa-desa lainnnya.

    Ketua DPRD Kabupaten Kobar Triyano, dikonfirmasi beritasampit.com, mengatakan sangat mendukung bahwa Desa Sebuai akan dijadikan kawasan industri.  “Tentunya apa bila ada pihak ketiga (investor), yang mau membidik Desa Sebuai untuk dijadikan kawasan industri tentunya DPRD sangat mendukung,”ungkap Triyano.

    Terpisah,  Camat Kumai Syahrudin, dikofirmasi beritasampit.com mengatakan, warga Kecamatan Kumai sangat mengapresiasi dan mendukung, bahwa Desa Sebuai bakal dijadikan kawasan idustri. “Insya Allah, kalau kawasan indusri di Sebuai sudah terwujud, maka kesejahteraan masyarakat Kumai semakin meningkat,”beber Syahrudin. (man/beritasampit.com)