RSUD Sultan Imanuddin Bakal Bangun Gedung Berlantai 5

    PANGKALAN BUN–Perkembangan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), akan terus ditingkatkan. Antara lain akan membangun gedung berlantai lima. Hal tersebut dikatakan Kardianto Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) RSUD SI Pangkalan Bun, saat dikonfirmasi beritasampit.com, Jumat (9/8).

    “Menambah bangunan berlantai lima tujuannya untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,dan nantinya ruangan-ruangan pasien dilantai lima nonkelas,tapi berstandar VIP.Sementara belum lama ini RSUD.SI Pangkalan Bun mengoprasikan Instalasi Gawat Darurat (IGD) ditingkat tiga,” ungkap Kardianto.

    Menurut Kardianto, bangunan berlantai lima yang akan dibangun itu nantinya diperuntukkan sebagai ruang perawatan bagi para pasien. Bangunan itu saat ini sudah sampai tahap perencanaan teknis. “Dan akan terdiri dari 60 kamar, lengkap dengan fasiltas perawatan bagi para pasien.  Tadi kita sudah lakukan ekspose, kepada para user (pengguna) baik dokter, perawat maupun pihak manajemen,agar mengetahui kesesuaian peruntukannya yaitu ruang perawatan. Sebagai user, dokter dan perawat lebih mengetahui kondisi yang diperlukan oleh pasien,” imbuh Kardianto.

    Dijelaskan Kardianto, tiap ruangan akan di pasang bel khusus. Maksudnya khusus adalah selain kegunaannya untuk memberitahukan apa yang diperlukan pasien, nantinya dalam toilet juga akan dipasang, untuk jaga-jaga jika pasien terjatuh. Jadi bisa langsung memanggil perawat,” ujarnya.

    Selain itu, kata Kardianto, di setiap bel yang terpasang akan mencatat waktu, berapa lama perawat merespon panggilan pasien di ruangan itu. “Jadi nantinya menjadi bahan evaluasi kami ,juga terhadap kinerja perawat dan dokter,” beber Kardianto.

    Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dr.Suyuti Syamsul membenarkan,pihaknya telah menerima kunjungan dari PT.Samator Gas Industri. Kunjungan ini dalam rangka Presentasi Konstruksi Gedung Rumah Sakit Bertingkat  sesuai standar dan instalasi medis.

    “Presentasi ini dihadiri oleh para pimpinan manajemen dan perwakilan dari masing-masing unit pelayanan yang ada di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.Dan  dalam waktu dekat RSUD Sultan Imanuddin akan merencanakan kedepannya semua gedung perawatan akan dibangun bertingkat,paling tidak 5 tingkat dengan konstruksi yang kuat dan fasilitas yang serba multi-fungsi. Kami bercita-cita paling tidak RSUD Sultan Imanuddin kedepan mempunyai salah satu keunggulan dibidang pelayanan kesehatan,” ungkap dr Suyuti Syamsul. (man/beritasampit.com)