Masyarakat Kotim Diminta Tetap Waspada Karhutla

    SAMPIT-Mengingat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotim, Hero Harapano Mandaw, mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap karhutla meskipun ada turun hujan.

    Dia juga mengatakan di Kotawaringin Timur, masih banyak lahan kering yang berpotensi terbakar dan itu harus dijaga. Tidak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar, apapun alasannya. Sehingga kejadian kebakaran hutan dan lahan di Kotim bisa dicegah dan diatasi sejak dini.

    “Meski ada turun hujan dan dengan diturunkannya status siaga menjadi waspada, bukan menjadi jaminan. Pastinya kita tidak boleh lengah karena potensi hutan dan lahan di Kotim struktur tanah nya mudah terbakar,” ujar Hero, (23/9).

    Sementara itu, dalam dua hari terakhir kebakaran hutan dan lahan masih tampak terlihat di wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Sampit, tepatnya sekitar 10 kilometer dari arena olahraga, kilometer 6 Sampit-Pangkalan Bun. Luasan lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 5 hektare lebih. Lahan tersebut diduga memang sengaja dibakar oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggungjawab. (raf)

    (Visited 1 times, 1 visits today)