ASYIK… Layanan Cuci Darah RSUD dr Murjani Dibuka Bulan November

    SAMPIT-Jika tidak ada aral, rencananya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit, Kotawaringin Timur, akan membuka layanan cuci darah. Layanan kesehatan bagi masyarakat umum ini, ditargetkan buka bulan November 2016.

    “Saat ini dalam proses izin. Mudah-mudahan bulan November atau Desember tahun ini alat cuci darah sudah bisa di operasionalkan,” sebut Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD dr Murjani Sampit, dr Yudha Herlambang, belum lama ini. Menurutnya, enam unit mesin cuci darah akan siap di operasionalkan termasuk tenaga ahlinya.

    Kemudian, saat ini dua dokter spesialis penyakit dalam dan dua perawat sudah dilatih untuk menangani layanan hemodialisa atau cuci darah itu. Layanan ini sangat dibutuhkan karena sudah banyak pasien yang membutuhkan cuci darah rutin.

    “Untuk membuka layanan ini dibutuhkan rekomendasi Pernefri atau Perhimpunan Nefrologi/ahli fungsi ginjal Indonesia yang berpusat di Jawa Tengah. Kita sangat berharap proses ini segera selesai agar layanan itu segera dibuka,” ungkapnya.

    Berdasarkan data rumah sakit, saat ini setidaknya ada 21 warga Kotawaringin Timur, yang harus menjalani cuci darah rutin di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya, 17 orang di RSUD Ulin Banjarmasin dan diperkirakan masih ada yang belum terdata. Berkaca dari itu, kebutuhan terhadap layanan cuci darah dianggap sudah sangat mendesak sehingga perlu adanya alat cuci darah.(raf)

    (Visited 3 times, 1 visits today)