Hamdhani : Festival Keraton, Bukti Pemersatu NKRI Semakin Kuat

    PANGKALAN BUN – Pagelaran Festival Keraton Nusantara (FKN) Ke – X di Kota Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dari 9 Oktober 2016 s/d 12 Oktober 2016, diinginkan memberikan  hikmah untuk lebih meningkatkan semangat persatuan yang lebih kokoh dan kuat, terutama pada beragam budaya yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini.

    Hal tersebut diungkapkan H.Hamdhani SIP, Anggota DPR RI perwakilan Kalimantan Tengah, yang turut hadir dalam acara FKN ke – X  di Stadion Sampuraga Pangkalan Bun Senin (10/10).

    Menurutnya sejarah Raja-Raja maupun Kesultanan dari seluruh suku yang ada di Indonesia, telah menyatakan tekat dan sikap mereka menjaga persatuan sebelum bangsa ini merdeka.

    “Kita harus menjunjung tinggi dan bangga atas perjuangan semua raja-raja dan kesultanan yang sampai sekarang telah terukir menjadi NKRI. Negara Indonesia paling hebat di dunia, karena dari beribu-ribu pulau, suku serta adat dan budaya, sampai sekarang bisa bersatu menjadi NKRI. Kalau di negara-negara lain hanya bisa menjadi Negara federal,” jelas Hamdhani.

    FKN yang di selenggarakan setiap 2 tahun sekali ini, dan Kota Pangkalan Bun dipercaya menjadi tuan rumah, tentunya sebuah kebanggaan bagi perwakilan Kalteng. Dia berharap melalui pagelaran Festival Keraton ini, bisa semakin mempererat silaturrahmi antar budaya dalam menjaga semangat persatuan NKRI.

    “Pagelaran FKN yang digelar di Kota Pangkalan Bun ini telah menorehkan sejarah baru bagi masyarakat Kobar, khususnya masyarakat Kalimantan Tengah,” kata Hamdhani.

    Melalui kegiatan  FKN ke – X ini, dirinya berharap bisa membuka dan menggali pemikiran baru kepada generasi muda sebagai penerus bangsa, untuk bisa menanamkan dan menjaga budaya serta sejarah bangsa ini.

    ”Mari kita tiru dan laksanakan semangat para raja-raja dan kesultanan, yang dulu sampai sekarang telah menjadikan NKRI semakin kokoh dan kuat,” pungkas Hamdhani. (Man)

    (Visited 3 times, 1 visits today)