BPBD Pulpis Lakukan Persiapan Kontijensi

    Pemberian Instruksi Dari BPBD Kepada Panitia

    PULANG PISAU – Agar proses penanggulangan bencana tak berjalan serampangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulang Pisau mengumpulkan data penyusunan Rencana Kontinjensi (Renkon) penanganan bencana di Kabupaten Pulang Pisau. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula BPBD Pulpis, selasa (6/12)

    Sekretaris BPBD Pulpis Rudi mengungkapkan, rapat persiapan dan pengumpulan data penyusunan Renkon ini nantinya di tindaklanjuti dengan waktu tiga hari.

    “Renkon ini harus disusun secara profesional, sebab ini terkait penanggulangan bencana. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan, termasuk gladi lapangan  Kecamatan Kahayan hilir yang akan dilaksanakan besok,” katanya.

    Menurut Rudi, dipilihnya Kahayan Hilir sebagai tempat gladi lapangan karena di daerah tersebut memiliki lokasi yang memang memadai. Adapun tahapan kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu hari pada tanggal 8 mendatang.

    Ditegaskan Rudi, sesuai undang-undang ketika terjadi bencana itu bukan hanya kewajiban BPBD, Basarnas, Dinas Sosial, pihak kepolisian dan TNI, tapi semua warga negara termasuk masyarakat.

    Dengan adanya Renkon, ketika terjadi bencana tidak ada lagi yang mengambing hitamkan penyebab bencana, tapi semua bekerja sesuai dengan tupoksinya.

    “Ketika terjadi bencana semua punya peran dalam menanggulangi, tidak boleh lagi ada kata-kata mana BPBD, mana SAR, kepolisian dan lain-lain,” tutup Rudi. (pra/beritasampit.com)

    Follow Berita Sampit di Google News