Wow…SKPD Kotim Alami Perubahan, Ini Struktur Barunya

    SAMPIT – Kelembagaan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kotawaringin Timur mengalami perubahan. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016, tentang kelengkapan perangkat daerah, enam SKPD terbentuk diantaranya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Badan Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pemadam Kebakaran, serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

    Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi mengatakan pembentukan enam SKPD baru ini telah sesuai dengan petunjuk mekanisme yang ada. Selanjutnya SKPD diminta untuk melakukan koordinasi, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing pada kelembagaan, mengacu PP nomor 18 tahun 2016. “Berdasarkan pemetaan penataan struktur Orgaanisasi dan Tata Kerja Kotim, sedikitnya ada 6 SKPD yang baru dari 52 SKPD termasuk kecamatan dan instansi terkait di Kotim,” ujar Supian Hadi disela kegiatan Rapat Evaluasi Akhir Tahun 2016, serta Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat, di gedung Tenis Indor, Stadion 29 November Sampit, Kamis (29/12/2016).

    Kemudian, untuk kepala SKPD yang baru nantinya, Supian mengatakan akan dilakukan evaluasi kembali dan akan dilantik pada bulan Januari atau Februari 2017 mendatang. Sementara secara keseluruhan jumlah SKPD di Kotim, sebelumnya ada 18 SKPD ditambah 6 SKPD baru, menjadi 24 SKPD. Saat ini enam SKPD tersebut, sebagian dijabat oleh sekretaris. Disamping itu, ada beberapa SKPD yang berubah serta ditiadakan seperti Dinas Pertambangan dan Energi dan Dinas Kehutanan. Untuk diketahui, nama-nama pejabat yang dilantik pada kegiatan tersebut yakni Johny Tangkere menjabat Sekretaris DPMPTSP Kotim, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor KP3M, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dijabat oleh Sekretaris Titin Srikandi yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Mentaya Hilir Utara digantikan oleh M. Yahya yang sebelumnya Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.

    Kemudian Badan Satuan Polisi Pamong Praja dijabat oleh Sekretaris Rihel yang sebelumya menjabat sebagai Kepala Kantor Satpol PP Kotim. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dijabat oleh Bima Ekawardhana yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinsosnakertrans, Dinas Komunikasi dan Informatika dijabat oleh Sanggul L. Gaol yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Kotim, dan BKD Kotim dijabat oleh Sekretaris Alang Arianto. Sementara SKPD lainnya, masih dijabat oleh Kepala SKPD sebelumnya. Disamping Kepala SKPD, beberapa camat yang juga ikut bergeser yakni Camat Telaga Antang kini dijabat oleh Suyono, Sutimin menjabat sebagai Camat Kota Besi, Ubaydillah menjabat sebagai Camat Cempaga Hulu, Camat Teluk Sampit dijabat oleh Suwardi dan Camat Pulau Hanaut dijabat oleh Edy Masami. (raf/beritasampit.com)

    (Visited 6 times, 1 visits today)