Tangkal Kenakalan Remaja.. SMP Ini Giatkan Bela Diri PSHT

    KASONGAN-Maraknya pergaulan bebas di kalangan pemuda khususnya pelajar menjadi PR bersama baik keluarga, sekolah dan lingkungan dalam melakukan pendidikan dalam rangka pembinaan karakter pelajar. 

    Kegiatan ekstrakurikuler bela diri silat mungkin merupakan salah satu jawaban yang tepat. 

    Sekolah menengah SMP-N 5 Katingan Hilir yang merupakan salah satu sekolah terbaik di Kasongan melakukan upaya itu dengan cara bekerja sama melakukan pembinaan melalui ekstrakurikuler silat. 

    Organisasi Persaudaran Setia Hati Terate (PSHT) merupakan perguruan asli Indonesia yang sudah lama dan eksistensi tidak diragukan lagi dalam melakukan pembinaan. 

    Hal ini yang dilakukan oleh M. Iqbal Nawawi selaku Ketua PSHT Rayon Kasongan sekaligus pelatih silat. 

    Kurang lebih 5 tahun Iqbal Nawawi beserta pelatih lainnya membangun PSHT di SMP-N 5 Katingan Hilir salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka membina para generasi muda sekarang jumlah siswa yang ikut ada 40 orang setiap tahun meningkat.

    Olahraga silat kini menjadi pilihan para pelajar dalam mengisi aktivitas, selain untuk kesehatan manfaat olah raga silat juga memberikan bekal menjaga diri.  

    Ditambah lagi ajaran bela diri silat PSHT menjunjung tinggi rasa persaudaraan ungkap Iqbal Nawawi. 

    Beberapa tahun kebelangkangan ini olahraga Silat menjadi tren dikalangan pelajar maupun pemuda di Katingan dengan munculnya beberapa perguruan Silat diantaranya, Tapak Suci, Cipta Sejati (CS), Keras Sakti (IKS), Nansarunai dan banyak lagi yang lain. 

    Selain olahraga silat merupakan warisan budaya yang harus kita jaga, dengan belajar bela diri silat apapun menunjukan rasa kecintaan dan kebanggaan akan warisan budaya. Jaya Silat Indonesia!.

    (kwt/beritasampit.co.id)

    (Visited 5 times, 1 visits today)