Gawat Stok Darah Golongan O Rumah Sakit Mas Amsyar Kasongan Kosong

    KASONGAN – Semenjak Bulan Maret 2016 Stok darah pada Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kabupaten Katingan mengalami kekurangan stok darah.

    “Kita di UTD pernah mengalami kehabisan Stok hingga 10 hari. Untung saja kita punya cukup cadangan untuk pasian yang membutuhkan. Bahkan karyawan rumah sakit disini tinggal dipanggil aja siap donor,” ungakap kepala ruangan UTD Yanoarius, A. Md. Kep, Senin (6/02/2017)

    Ditambahkan hingga bulan ini sekitar 40 Kantong yang sudah keluar dari Unit Transfusi darah (UTD) baik donor sukarela dan pendonor rutin. Dia juga mengatakan bahwa bulan ini hanya mendapatkan 100 kantung dari pengadaan rumah sakit.

    “Harapan kita sebenarnya 300 kantong untuk persedian kita terlebih golongan darah B dan O” ucapnya. Sementara jumlah stok darah yang tersedia dirumah Sakit Mas Amsyar hingga sekarang dari pendonor rutin dan dari pihak keluarga yakni golongan darah A: 1 kantung, gololongan B : 3 kantung AB:1 kantung dan golongan darah O kosong.

    “Mendonorkan darah itu akan menyehatkan kita. Nah mari kita mendonorkan darah. Karena setetes darah dapat membantu nyawa manusia serta menyehatkan tubuh kita,” pungkasnya.(kwt/beritasampit.co id)