Asrama Mahasiswa Kotim Di Palangka Raya Perlu Bantuan Pemerintah

    PALANGKA RAYA – Perhatian pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk dibidang pendidikan memang sudah cukup baik, ini dibuktikan dengan pembangunan asrama kotim di daerah-daerah. Di Palangka Raya sendiri Pemkab kotim memiliki 3 asrama mahasiswa diantaranya asrama putra 1 dijalan b. Koetin, asrama putra 2 di jalan Mangga, dan asrama putri Habaring Hurung di jalan Surya.

    Ketua umum Himpunan Mahasiswa (HIMA) Kotim Palangka Raya Donnal Setiawan, Senin 7 februari 2017 mengatakan Pemkab Kotim memiliki 3 asrama di Palangka Raya, masing-masing asrama memiliki kapasitas yang berbeda. Hanya asrama putri yang memiliki kapasitas yang besar mampu menampung lebih 40 mahasiswaswa dengan 20 kamar

    “Sangat berbeda dengan asrama putri, asrama putra ada 2 bangunan yang terpisah. Asrama putra 1 di jalan B. Koetin komplek Universitas Palangka Raya, dengan 8 kamar Hanya mampu menampung 16 orng mahasiswa, dan asrama putra 2 dijalan mangga hanya 6 kamar dengan kapasitas hanya muat 1 orang perkamar” terangnya.

    “Di asrama putra 1 khususnya, kamar masing-masing hanya cukup 2 orang dan sekarang sengaja kita tampung hingga 3 orang perkamar dikarenakan banyak mahasiswa kotim yg kurang mampu membutuhkan tempat tinggal” tambah Donal.

    Dia menjelaskan bahwa untuk fasilitas sangat kurang dibandingkan asrama kabupaten lain. Daya listrik yang lemah hanya 1200 watt, sering mati lampu karena tidak kuat dayanya dimalam hari, ranjang lemari dan lain-lain semuanya tidak ada bantuan dari pemerintah, fasilitas milik pribadi mahasiswa.

    “Kami sangat mengharapkan agar pemkab juga memperhatikan fasilitas asrama, diasrama putra 1 dan 2 sangat minim fasilitas bantuan dari Pemda, kalau bisa mahasiswa kotim di Palangka Raya dibangunkan asrama putra baru yang dengan kapasitas yang besar” tutup Donal.***