Jaringan Kabel PLN Diperketat Perbaikannya

    PANGKALAN BUN – Karena pelanggan PLN di tahun 2017 bakal bertambah lebih dari 64.000 pelanggan, kini jaringan kabel diperketat perbaikannya, demi upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yang terus dilakukan pihak PLN Rayon Pangkalan Bun.

    Diantaranya membersihkan ranting dan daun dari pohon-pohon besar yang menyentuh kabel di sepanjang jalan raya Pangkalan Bundan sekitar Kabupaten Kobar,Lamandau,Sukamara serta Kabupaten Seruyan. Petugas PLN juga terus memeriksa seluruh jaringan kabel.

                Walaupun memakan waktu cukup lama dan mengganggu aliran listrik kegiatan ini diprioritaskan, sehingga konsekwensinya terjadi pemadaman bergilir.Proses yanbg dilkukan saat ini termasuk kegiatan pemasangan dan penggantian kabel Sambungan Udara Tegangan Menengah (SUTM) yang tanpa pembungkus atau isolator dengan kabel yang telah terbungkus (berisolator).

               Selain itu Menurut Purwanto Manager PLN Rayon Pangkalan Bun, PLN juga melakukan pemasangan “Takep Isolator”,(Pengaman Isolator) pada jaringan tegangan menengah untuk menghindari sentuhan binatang, seperti Kera, Ular, Kelelawar Besar maupun hewan lain.

    “Dibulan Februari sampai Maret 2017, dimungkinkan masih adanya gangguan listrik padam dan pemadaman bergiliran, Itu semua dilakukan demi meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Adapun kegiatan penggantian kabel baru dan pemasangan Takep Isolator, dikerjakan sejak bulan Desember 2016 dan bulan ini Februari 2017 diharapkan semuanya selesai”, imbuh Purwanto, sambil mempersilahkan beritasampit.co.id minum, yang telah tersedia dimeja ruangannya.

    Menurut Purwano, kegiatan penggantian kabel dilakukan sepanjang 9,5 Km di sistem Sei Rangit/Semanggang – Pangkalan Banteng KabupatenKobar, dan pemasangan Takep Isolator di sepanjang Desa Runtu – Semanggang – Pangkalan Banteng. Bogam,Kumai dan wilayah Seruyan. (Man/beritasampit)