Jainuddin Karim : PJU Yang Sudah Lapuk Harusnya Direhab Total

    SAMPIT – Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) yang membidangi pembangunan, sangat prihatin dengan keberadaan Penerangan Jalan Umum (PJU) milik pemerintah daerah yang sudah banyak termakan usia. Harusnya Pemda melalui instansi terkait lebih jeli memperhatikan fasilitas yang selayaknya dilakukan peremajaan atau di rehab total.

    “PJU di Kotim ini sudah sangat berumur dan lapuk antara 15 sampai 20 tahun, sejak Bupati Didik Salmijardi, Bupati Wahyudi hingga sekarang. Selama ini hanya pemeliharaan ganti bola lampu dan ganti tiang kabel, jadi apa bila ditabrak truk atau terkena  pohon tumbang, sudah keropos dan pastinya rusak. Harusnya PJU sekarang wajib bagi pemerintah untuk merehab total  terutama jaringan kabelnya,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Kotim, Jainuddin Karim, jumat (17/2/2017).

    Anggota DPRD perwakilan Dapil 2 wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang ini juga menyarankan, agar kebutuhan fasilitas PJU bisa terpenuhi, Pemda harus memikirkan juga perencanaan untuk mengganti dengan sistem solar cell atau tenaga matahari.

    “Perlu di rencanakan penganggarannya, karena anggaran yang ada tahun 2017 ini terbatas hanya untuk membayar rekening PJU, tagihan PLN setahun dan biaya pemeliharaan PJU dalam kota sebesar Rp 185 juta. Sedangkan untuk PJU luar kota tidak tersedia anggaran,” terang Karim.

    Untuk mewujudkan agar fasilitas PJU sebagian besar bisa terpenuhi, pada tahun 2018 mendatang, Komisi IV akan berupaya lebih keras memperjuangkan agar PJU bisa mendapatkan anggaran yang layak.

    “Tahun depan wajib untuk di anggarkan, kita meminta Dinas terkait dan Pemerintah harus membuat perencanaan dengan baik agar semua bisa terkondisikan. Kami sebagai Komisi yang membidangi mitra kerjanya menekankan agar PJU juga mendapatkan anggaran yang pantas,” pungkas Karim. (ilm/beritasampit.co.id)