Astaga… Pelajar SMP Pesta Zenith ! Apa Kata BNNP Kalteng 

    PALANGKA RAYA – Obat jenis Carnophen atau zenith merupakan obat tipe G yang selalu disalah gunakan kalangan muda, dewasa, bahkan anak-anak di bawah umur untuk berhalusinasi dan mabuk.
    Seperti baru-baru ini yang terjadi di kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Di mana ada 27 palajar SMP swasta diduga pesta zenith dan lem di salah satu ruang belajar sekolah.
    Yang menjadi perhatian, para pelajar itu merupakan anak perempuan yang masih di bawah umur rata-rata duduk di kelas 8 dan 9.

    Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng, Kombes Pol Triwarno Atmojo, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Baja Sukma, mengungkapkan sangat prihatin barang terlarang tersebut sudah masuk ke sekolah.
    “Setelah kita mendapatkan laporan pada senin yang lalu, tujuh orang tim BNNP Kalteng langsung ke sekolah itu untuk menjemput siswa yang diduga ikut pesta zenit dan lem dengan membobol ruang kelas pada hari libur,” ujar Bang Baja sapaannya, selasa (28/2/2017).

    Pihaknya mengimbau kepada setiap sekolah agar lebih ketat dalam mengawasi siswanya, dengan cara perbanyak edukasi terhadap bahaya narkoba dan sejenisnya. 

    “Lingkungan sekolah adalah tempat belajar dan menuntut ilmu untuk menempa diri, jangan sampai digunakan siswa untuk hal seperti ini. Jadi kalau ada, sudah seharusnya menjadi perhatian yang serius dari berbagai pihak,” katanya.

    Selain itu, orang tua juga harus memperhatikan pergaulan anak, karena rata-rata dari 27 orang siswa itu mengatakan berawal dari ajakan teman. “Mereka mau mencoba barang tersebut hingga ketagihan,”ujarnya.

    “Kita sangat terkejut dari pengakuan salah satu siswa yang mengatakan sudah sejak bangku kelas 7 SMP sudah mengkonsumsi zenit dan merokok hingga sekarang kelas 9. Jadi selama 3 tahun siswa tersebut mengkonsumsinya,” pungkas Baja. (dsz/beritasampit.co.id)