KPPD Sosialisasi Sadar Berdemokrasi Dalam Pilkada

    PALANGKA RAYA – Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KPPD) Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan sosialisasi tentang sadar berdemokrasi dalam Pemilukada serentak yang akan dilaksanakan 2018 di 10 Kabupaten dan 1 kota di Kalimantan Tengah. Sosialisasi digelar di Bundaran Besar Palangka Raya, Minggu pagi 12/03/2017.

    Ketua KPPD Kalteng Sri Mulianti mengatakan Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi Kalteng yang disingkat KPPD Kalteng merupakan himpunan atau komunitas yang didalamnya terdapat berbagai elemen dari masyarakat dari,elemen pemuda, mahasiswa, akademisi, wartawan, guru, dosen. Dimana anggota KPPD ini non partisipan dari partai politik 

    KPPD Kalteng dibentuk bertujuan untuk pendukung program penyelenggaraan pemilu dan demokrasi, salah satu agendanya adalah koheren dengan sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dan membuat Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi sehingga terciptanya pemilu yang berintergritas, akuntabel dan legitimate.

    Kerelawanan adalah ciri utama komunitas ini dimana sifat militansi para anggotanya mengalir secara alami tanpa unsur paksaan dalam melaksanakan pelayanan dan pengabdian pada masyarakat.

    “Inti dari kegiatan ini untuk mensosialisasikan apa itu KPPD dan mensosialisasikan kan terkait seputar pemilihan umum dan pemilihan walikota tahun 2018 dan kepada warga, sehingga bertujuan untuk mengajak warga agar nantinya mau berpartisipasi menggunakan hak pilihnya serta memilih pemimpin yang berkualitas untuk memimpin 5 tahun kedepan, ujar Sri

    Atas dasar peran tersebut maka KPPD Kalteng bertanggungjawab mengawal pemilu baik dari proses tahapan persiapan maupun sampai pada tahapan penyelenggaraan agar kemurnian dan cita cita luhur kedaulatan rakyat tetap terjaga dengan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

    Atas panggilan hati tersebut maka pada tanggal 20 Agustus 2016 bertempat di sekretariat KPPD Kalteng Jalan Tabiring II B no.1 Palangka Raya, berkumpul beberapa orang yang dipelopori beberapa orang alumni kursus kepemiluan yang diselenggarakan KPU Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 12 – 13 agustus 2016 sebagai tonggak awal berdirinya Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi.

    “KPPD ini terbentuk berawal dari pemikiran dari pihak KPU Provinsi yang ingin membentuk komunitas, sehingga pada tanggal 20 Agustus 2016 beberapa orang berkumpul sebagai pelopor memebentuk kepengurusan KPPD, tambah sri”.

    Sementara KPPD Kalteng memiliki visi yaitu sebagai mitra sosialisasi program penyelenggaraan pemilu, sedangkan misi yakni Meningkatkan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemilu, Mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat dalam mengunakan hak pilihnya, Memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, Meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, dan Membangkitkan semangat kesukarelawan masyarakat sipil dalam mengikuti agenda pemilu dan demokrasi.

    Slogan KPPD Kalteng “Pemilih Cerdas, Pemilu Berkualitas”.

    Atas panggilan hati tersebut maka pada tanggal 20 Agustus 2016 bertempat di sekretariat KPPD Kalteng Jalan Tabiring II B no.1 Palangka Raya, berkumpul beberapa orang yang dipelopori beberapa orang alumni kursus kepemiluan yang diselenggarakan KPU Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 12 – 13 agustus 2016 sebagai tonggak awal berdirinya Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi.

     “KPPD ini terbentuk berawal dari pemikiran dari pihak KPU Provinsi yang ingin membentuk komunitas, sehingga pada tanggal 20 Agustus 2016 beberapa orang berkumpul sebagai pelopor memebentuk kepengurusan KPPD,” tambah Sri

    Sementara KPPD Kalteng memiliki Visi yaitu sebagai mitra sosialisasi program penyelenggaraan pemilu, sedangkan MISI yakni Meningkatkan kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemilu, Mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat dalam mengunakan hak pilihnya, Memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, Meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, dan Membangkitkan semangat kesukarelawan masyarakat sipil dalam mengikuti agenda pemilu dan demokrasi.

    Kegiatan dihadiri Ketua KPPD Kalteng, Anggota KPU Provinsi wakil divisi SDM dan Parmas Sepmiwawalma, Fetra, Wulan dan Rifani dari Sekretariat KPU Prov, Anggota KPU kota Palangka Raya, serta pengurus dan anggota KPPD Kalteng, acara berjalan aman dan lancar, dalam rangkaian kegiatan sosialisasi, membagi brosur, kuis berhadia, serta membagikan makanan sehat berupa kacang, ubi dan pisang rebus.

    Meskipun diguyur hujan gerimis stand KPPD Kalteng dikunjungi warga yang sambil berolahraga diseputaran Bundaran Besar, selama acara berjalan dipandu pembawa acara yang handal dari TVRI saudara Itung dan rekannya serta dihibur organ tunggal.

    (dsz/beritasampit.co.id)