HEBAT, UMP Jalin Kesepakatan Dengan 12 Perguruan Tinggi Taiwan; Dosen UMP Dapat Beasiswa Penuh Dari Pemerintah Taiwan

    PALANGKA RAYA-Dr. H.Bulkani, MPd, Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan aliansi perguruan tinggi di Tainan City Taiwan pada tanggal 9 maret 2017 di Jakarta. 

    Aliansi Perguruan Tinggi Tainan terdiri dari 12 perguruan tinggi yaitu National Cheng Kung University, Southern Taiwan University of Science and Technology, Chang Jung Christian University, Tainan National University of The Arts, National University of Tainan, Chung Hwa University of Medical Technology, University of Kang Ning, Tainan University of Technology, Taiwan Shoufu University, Far East University, Kun Shan University, Chia Nan University of Pharmacy and Science.

    Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Pengurus Pusat Muhammadiyah, Kedutaan Besar Taiwan untuk Indonesia dan Mr. Ching-Te Lai,M.D (Walikota Tainan) yang berkunjung ke Indonesia pekan lalu. 

    Setelah penandatanganan MoU, Mr. Ching-Te Lai,M.D kemudian mengundang Rektor UMP dan kolega untuk makan malam bersama dengan Pemerintah Kota Tainan dan Kedutaan Besar Taiwan untuk Indonesia di Hotel Borobudur Jakarta guna membicarakan hal-hal teknis rencana tindak lanjut MoU. 

    Mr. Ching-Te Lai mengungkapkan bahwa Pemerintah Taiwan sangat tertarik mengembangkan kerjasama khususnya dalam bidang pendidikan dan teknologi. 

    Menurutnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) baik Indonesia maupun Taiwan sama-sama menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang memadai, sehingga dapat beradaptasi dalam kehidupan yang semakin kompleks.

    Foto: Dr. H. Bulkani saat bersama Prof. Dr. Su, Huey-jen ( President Aliansi PT Tainan City & President National Cheng Kung University, Taiwan)

    Prof Dr. Su, Huey-jen Jenny selaku president Aliansi Perguruan Tinggi Tainan dan President National Cheng Kung University menambahkan bahwa kerjasama bertujuan untuk mendorong peningkatan mutu mahasiswa dan fakultas kedua belah pihak, joint kurikulum dengan program double degree, penelitian bersama dan hal-hal lain yang berhubungan dengan budaya sosial, ekonomi, politik yang berdampak pada peningkatan teknologi dan kehidupan global. Sebagai langkah awal tindak lanjut MoU, Pemerintah Kota Tainan memberikan beasiswa kepada 2 (dua) orang dosen UMP yang akan melanjutkan pendidikan Doktor ke Negeri Naga Kecil Asia tersebut.

    Rektor UMP, Dr.H.Bulkani,MPd, sangat antusias dan mengapresiasi niat baik pemerintah Kota Tainan dan Aliansi Perguruan Tinggi Taiwan yang telah memberikan kepercayaan kepada UMP sebagai salah satu mitra untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

    “UMP siap menerima mahasiswa ataupun dosen/staf dari Perguruan Tinggi Tainan yang akan menambah ilmu dan wawasan di UMP”. Ujarnya.

     Hingga Tahun 2017 UMP terus melakukan pembenahan melalui berbagai strategi diantaranya adalah meningkatkan kompetensi dosen, pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan kerjasama dan lain-lain.

    Dr. M. Yusuf, MAP, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama mengungkapkan bahwa kerjasama luar negeri merupakan program unggulan UMP, “hingga saat ini UMP telah bekerjasama dengan banyak PT dan lembaga Internasional. Buah dari kerjasama tersebut, UMP telah melakukan mobility student ke luar negeri secara berkala ke Thailand, KBRI, Konsulat Jenderal RI maupun di Sekolah Internasional Indonesia di luar negeri melalui kegiatan KKN, PPL maupun magang”. Ungkap Dr. M. Yusuf Melalui Press Release yang di terima beritasampit.co.id Jum’at 17/3/2017.

    Kepala Bagian Kerjasama dan Hubungan Internasional UM Palangkaraya, Nurhalina, SKM,M.Epid menambahkan bahwa tindak lanjut MoU dengan aliasi PT Tainan Taiwan akan segera direalisasikan secara bertahap melalui pertukaran mahasiswa, staf ataupun dosen pada tahap awalnya.

    “Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan upaya memberikan pengalaman belajar dan kerja nyata bagi mahasiswa di luar negeri sehingga mahasiswa nantinya memiliki pengalaman yang komprehensif dan siap ditempatkan dimana saja” paparnya.

    (ma/beritasampit.co.id)