​Rakordal Kotim Bahas Kegiatan Pembangunan Kabupaten Triwulan 1, Tahun Anggaran 2017

    SAMPIT – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kotawaringin Timur (Kotim), Senin (3/4/2017) mengelar rapat koordinasi pengendalian (Rakordal) kegiatan pembangunan Kapuaten Kotim, Triwulan ke 1, tahun anggaran 2017.

    Dalam kegiatan itu hadiri oleh Wakil Bupati Kotim, HM Taufiq Mukri serta seluruh kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (S0PD). Dalam kesempatan itu, Wabup mengatakan bahwa Rakordal tersebut merupakan forum untuk memantapkan pengendalian terhadap kegiatan atau program yang telah di laksanakan.

    “Pengendalian adalah merupakan serangkaian kegiatan manajemen yang bertujuan untuk menjamin agar suatau program atau kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah di tetapkan,” kata Wabup.

    Dia menambahkan, dalam melaksanakan pengendalian itu, harus selalu dilakukan pemantauan secara periodik untuk mengamati perkembangan pelaksanan rencana pembangunan. Selain itu, dapat mengidentifikasi serta mengantisipasi permasalahan yang timbul untuk dapat diambil tindakan pencegahan dan antisipatif sedini mungkin.

    Tindak lanjutnya adalah berupa kegiatan, atau langkah-langkah operasional yang di tempuh berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan dan pengawasan untuk menjamin agar paelaksanan kegiatan sesuai dengan acuan, dan rencana yang telah diterapkan, seperti melakukan koreksi atas penyimpangan kegiatan.

    “Dalam melaksanaan evaluasi terhadap realisasi pelaksanaan rencana pembangunan, tidak lepas dari sistem pelaporan yang
    selalu di lakukan secara berkala dan berjenjang. Perlu saya garis bawahi bahwa sistem pelaporan merupakan salah satu instrumen yang sangat penting di dalam proses pembangunan baik cepat, tepat dan akurat,” ungkapnya.

    (im/beriotasampit.co.id)