​Mau Tahu Sejarah Berdirinya Kampus STIH Habaring Hurung Sampit

    Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Habaring Hurung, Sampit, sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Tambun Bungai Sampit, yang didirikan sebagai perguruan tinggi swasta pada tanggal 1 juni 1985 oleh perwakilan yayasan Pembina Perguruan Tinggi Tambun Bugai Sampit yang berkedudukan di Sampit, Ibu Kota Kotawaringin Timur.

    Berdirinya STIH-HR Sampit tersebut muncul karena adanya dorongan hasrat, semangat dan kemauan yang keras dari pemuka masyarakat, pejabat pemerintah daerah, dan para calon mahasiswa serta dukungan para cendekiawan.   
    Atas kesepakatan bersama, maka ditunjuklah masing-masing :

    Effendi Walad, S.H,(Kajari Sampit),Asmawie Kutung, (Ketua Bappeda Tk.II Kotim), Icai Cili, BA(Kabid Dikmenum Dikbud Kotim), Binaya Simanjuntak, S.H(Kakan. Bangdes Kotim)

    B.S. Anggen (Kacab Dinas P dan K Tk. II Kotim), Walter Hugo (Kepala Kandepdikbud Kotim), Beryn L. Djatta, S.H (Kepala Bagian Hukum Kantor Bupati Kab, Dati II Kotim).
    Pada saat itu, sebagai tokoh-tokoh pendiri STIH-HR Sampit dan atas musyawarah mufakat mereka berrhasil menyusun kepengurusan yayasan dan tim opersasional dengan komposisi sebagai berikut:

    I. Yayasan

    a.Pelindung/Penasehat :Muspida Tk. II Kotim

    b. Ketua                     :H. Asmawie Kutung

    c. Wakil Ketua         :Walter Hugo

    d. Sekretaris            :J.M Tenung, BA

    e. Wakil Sekretaris :M. Diun

    f. Bendahara             :B.S Anggen

    g. Usaha Dana          :Drs Syahru Imansyah                                              

                                          :Syharanie Syarief 

                                           :H. Satiman

                                           :Ir. Masduki

    h. Bidang Pendidikan 

                                  : BinayaSimanjuntak,S.H

                                  : Beryn L.Djatta, S.H

                                   :Drs. Goedfried Ipun.

    II.Tim  Operasional

    a.Dekan                         : Tuaradja Siregar, S.H

    b.Pembantu Dekan  I :Beryn L,Djatta, S.H

    c.Pembantu Dekan II  :Binaya Simanjuntak, S.H

    d.Pembantu Dekan III : Arwan Byrin, S.H

    Pada tanggal 7 Februari 1989 terjadi pergantian dekan sehubungan dengan kepindahan Bapak Tuaradja Siregar, S.H ketempat tugas yang baru, yaitu sebagai ketua pengadilan negeri probolinggo. 

    Sehingga sebgai gantinya oleh yayasan diangkat dan ditetapkanlah M. Adenan Kasian, S.H (Kajari Sampit) sebagai dekan yang baru dengan SK No. SK.054/YP-Harung/2/89 tanggal 7 Februari 1989.

    Sekolah tinggi ilmu hukum Tambun Bungai Sampit sejak didirikannya mempunyai 2 (dua) jurusan, yaitu Hukum Perdata dan Hukum Pidana yang pada waktu itu masih berada dalam koordinasi Kopertis Wilayah VI Surabaya dengan Fakultas Hukum Univesitas Airlangga Surabaya Sebagai Pembinanya.

    Atas kemurahan hati serta partisipasi SMPN 1 Sampit, STIH Hbaring Hurung melalui pihak yayasan mendapat izin untuk memepergunakan 4 (empat) buah ruangan sekolah sebagai sarana perkuliahan yang dilaksanakan pada sore dan malam hari. 

    Setelah kurang lebih 2 (dua) tahun pelaksananaannya, akhirnya Pmerintah Daerah (Pemda) Tk II Kotim memeberika 1 (satu) buah unit bangunan yang terdiri dari 7 (tujuh) ruang kuliah dan 1 (satu) buah rumah yang semuanya itu di serahkan penuh kepada yayasan untuk di kelola.

    Setelah berjalan kurang lebih 14 bulan sekolah tinggi ilmu hukum tambun bungai sampit pada akhirnya terhitung sejak tanggal 23 september 1986 resmi berdiri dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Habaring Hurung Sampit yang dikelola oleh Yayasan Habaring Hurung melalui akta notaris No 7 tahun 1986 tanggal 10 oktober 1986. 

    Berkat usaha semua pihak akhirnya STIH-HR Sampit mendapat persetujuan kopertis wilayah VII Surabaya yang selanjutnya memperoleh status terdaftar sesuai SK Mendikbud RI Nomor XI 0655/1987 tanggal 20 oktober 1987. 

    Selanjutnya, sesuai surat koperatis wilayah XI Kalimantan Nomor 07/Kop.XI/U/1990 Tanggal 21 April 1990.STIH-HR Sampit sewjak tanggal 14 Mei 1990 resmi berada di bawah koperatis wilayah XI Kalimantan dengan nama Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat sebagai pembinannya. 

    Selanjutnya tanggal 22 Juni 1992 STIH-HR Sampit kemba;li memperoleh status Tertdaftar sesuai SK Dirjen pendidikan tinggi Depdikbud RI Nomor 295/Dikti/1992 tanggal 22 Juni 1992, dan terakhir berdasarkan keputusan BAN-PT No. 010/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011 STIH-HR Sampit mendapatkan nilai Akreditasi “C”, untuk yang kedua kalinya STIH-HR memperoleh status Terakreditasi “B” sesuai SK Ketua BAN-PT Nomor. 2410/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 tanggal 20 oktober 2016.

    Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Habaring Hurung Sampit sebagai lembaga pendidikan Tinggi Swasta tumbuh dan berkembang bersama dengan yayasan pendidikan Habaring Hurung Sampit itu sendiri.

    Mereka yang menjadi mahasiswa sejak awal berdirinya STIH-HR Sampit kebanyakan berasal dari kalangan pegawai baik swasta maupun negeri dan rata-rata sudah mempunyai jabatan di instansinya masinmg-masing. 

    Pada awal dimulainya perkuliahan tenaga pengajarnya kebanyakan di rekrut dari para hakim pengadilan negeri , dan kepala-kepala kantor  atau dinas instansi yang ada di kabupaten dati II Kotawaringin Timur. Adapun dosen-dosen yang pernah mengabdikan diri pada STIH Habaring Hurung Sampit adalah:

    Tuaradja Siregar, S.H, Arwan Byrin, S.H, Moch. Djuri, S.H, Haryanto, S.H, Sutatmo Hadi Broto Sejati, S.H, Binaya Simanjuntak, S.H, Soemani Diharjo, S.H, Lamping A.H Umar, S.H, Ariansyah Dali, S.H, Drs Goedfrid Ipun, Drs Guntur Tarung, Kolonel Infanteri. Endang Kosasih, Soemojo, S.H, Anward Amid, S.H, Otter, S.H, Birin L. Djata, S.H.
    Sedangkan mereka yang pernah menjabat sebgai Dekan/Ketua STIH-HR Sampit sejak berdirinya sampai sekarang adalah:

    Periode 1985–1989 Tuaradja Siregar , S.H(Dekan), Periode 1985–1990 M. Adenan Kasian , S.H ( Dekan), Periode 1990—2004 H. Taufiek. DM, S.H (Ketua), Periode 2006 – 2007 Putu Sudarsana, S.H. M.H  (Ketua), Periode 2007 – Sekarang  H. Rusdianto, S.H. M.H (Ketua).

    (im/beritasampit.co.id)