KOHATI KATINGAN, Makna Hari Kartini…

    ​Ditulis oleh : Fermina***

    Kartini adalah sosok perempuan yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi dan ia juga dikenal sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Tanggal lahirnyapun 21 April dijadikan peringatan hari Nasional. 

    Kartini dikenal dari surat-suratnya yang tertulis pemikiran-pemikirannya tentang kondisi sosial saat itu, terutama tentang kondisi perempuan pribumi. 

    Dia ingin wanita memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar.

    Sosok Kartini juga dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita yang mengangkat derajat kaum wanita Indonesia. 

    Hingga saat ini didalam keluarga, pekerjaan dan lingkungan masyarakat masih dapat kita temukan dikotomi terhadap kaum perempuan di Indonesia. Hal itu terjadi tidak lepas juga dikarenakan masih kurangnya kesadaran kaum perempuan Indonesia terhadap pentingnya menempuh pendidikan. 

    Kartini adalah salah satu contoh perempuan inspiratif yang harus menjadi cermin bagi perempuan-perempuan dimasa kini, agar perempuan-perempuan Indonesia sadar akan fungsi dan perannya dalam anggota keluarga maupun masyarakat.

    Emansipasi yang Kartini cetuskan adalah kesertaraan hak terhadap kaum perempuan, baik itu dalam bebas berpendapat maupun berpendidikan supaya terangkatnya derajat dan martabat perempuan yang selama ini masih terjajah tanpa menyalahi kodratnya sebagai perempuan.

    Salah satu contoh emansipasi yang belum sepenuhnya terwujud adalah semakin meningkatnya para TKW yang ditempat ia bekerja tak jarang menerima penganiayaan hingga pelecehan bahkan kematian.

    Selain pemerintah harus lebih memperhatikan hak-hak kaum perempuan di Indonesia, hendaknya perempuan juga bukan hanya harus menuntut hak-haknya namun juga memperkaya wawasan intelektualnya sebagai pemegang pemeran penting dalam berlangsungnya generasi masa depan negeri ini agar emansipasi yang Kartini cita-citakan dapat terwujud sepenuhnya di tanah ibu pertiwi ini.

    Tentang Penulis:

    Fermina Mahasiswa Fakultas Pendidikan Agama Islam (FAI) salah satu Aktivis HMI Katingan.

    Sekarang Menjabat Sebagai Ketua Korps HMI-Wati (KOHATI)

    (Kwt/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)