​Wapres : Sebelum Bersaing Secara Global, Bersainglah Dulu Ditingkat Nasional

    PALANGKA RAYA – Pada lawatannya di Kota Palangka Raya, Wakil Presiden RI, HM. Jusuf Kalla menyampaikan cara bagaimana meningkatkan kualitas dalam bersaing secara global.

    “Sebelum kita bersaing secara global kita bersaing secara nasional dulu. Karena masih membutuhkan langkah yang besar untuk mebawa Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTIS) ini ketingkat nasional,” ujar Wapres disela sambutannya di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, (26/4/2017).

    Pada Rapat Kerja Nasional dan Seminar Lokakarya Internasional (Rakernas dan Semiloka) itu, Wapres mengungkapkan bahwa kualitas selalu penting apa bila berbicara pendidikan.

    “Dalam berbagai kesempatan selalu saya sampaikan bahwa pendidikan itu melihat kedepan bukan melihat kebelakang. Jadi ketika kita berbicara pendidikan pertanyaanya adalah pendidikan apa yang kita butuhkan kedepan,” katanya.

    Tentunya lanjut Wapres, bahwa kita membutuhkan semua cabang ilmu baik teknologi, ilmu ekonomi, ilmu sosial, kita membutuhkan kedokteran, semuanya mempunyai makna. Tidak ada ilmu yang satu lebih penting dari pada yang lainnya tapi kebutuhanlah yang memberikan kita.

    “Tentu banyak pertanyaan pendidikan macam apa yang kita inginkan. Jawabanya adalah pendidikan yang mempunyai banyak cabang. Dari semua cabang kita tidak mungkin menguasai semua cabang itu. Tetapi kita harus mengutamakan yang menjadi kualitas untuk masa yang akan datang,” ungkapnya.

    Selain itu katanya ada dua aliran tentang pendidikan, yang pertama adalah skill, seperti Jepang, Korea, Cina mendahului. Skill aliran yang kedua adalah kemampuan untuk berinovasi, dua-duanya itu sama penting. Maka dari itu dia mengajak utamakan pendidikan yang merupakan kemmapuan daerah sehingga bisa dikembangkan.

    (sps/beritasampit.co.id)