​Diserahkan ke BKSA Kalteng Anak Orangutan Diperkirakan Berkelamin Betina

    KUALA KAPUAS – Jajaran Polsek Kapuas Hulu, patut diberikan apresiasi atas kinerjanya dalam melindungi satwa langka yaitu seekor anak orang utan. Pasalnya masyarakat Desa Supang, ada yang memelihara seekor anak orangutan di sebuah pondok persawahan, didalam kurungan.

    Berdasarkan informasi yang diterima dari Polsek Kapuas Hulu, orangutan tersebut memiliki warna bulu putih agak kekuning-kuningan, diperkirakan orang utan tersebut berjenis kelamin betina.

    Kapolsek Kapuas Hulu, Iptu Purnomo SH, membenarkan hal tersebut, katanya penemuan orang utan tersebut saat anggota Babinkamtibmas melakukkan patroli dialogis dan sambang karhutla.

    “Setelah menerima informasi, kita langsung bergerak menuju TKP,” kata Purnomo, Minggu (30/4/2017)

    Setibanya di TKP, lanjut Purnomo, dirinya melakukkan pendekatan kepada warga yang bersangkutan, tujuannya agar warga tersebut menyerahkan anak orang utan yang ditemukan kepihak kepolisian.

    Setelah itu, lanjutnya, orang utan tersebut dibawa ke Markas Komando (Mako) Polsek Kapuas Hulu, kemudian pihak Polsek Kapuas Hulu melakukkan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSA) Kalimantan Tengah.

    Tepatnya kemarin, sabtu (29/4/2017) Kata Purnomo, dilakukkan penyerahan anak orang utan tersebut kepada Pihak BKSA Kalimantan Tengah.

    “Kita berterimakasih kepada masyarakat yang telah menjaga satwa yang dilindungi ini, dan kedepan kita berharap agar satwa yang dilindungi ini bisa tetap dilestarikan, yang pasti koordinasi kepolisian dan masyarakat harus tetap dijaga,” pungkasnya.

    (bi/beritasampit.co.id)