​Demo Damai Buruh di Kobar Tertib

    PANGKALAN BUN – Ratusan Buruh dari berbagai perusahaan di Kabupaten Kobar,saat melakukan aksi demo damai, dihalaman Gedung DPRD Kobar, Senin (1/5/2017) nampak tertib dan aman.

    Para aksi demo langsung diterima Ketua DPRD Kobar Triyanto dan semua Ketua Komisiny, serta Rahmat Nasution Hamka.SH Anggota DPR.RI,Jimin Anggota DPRD Kalteng dan Kapolres Kobar AKBP Pria Premos.SIK, Dandim 1014 Lekol (Infa) Wisnu Kurniawan.

    Pantauan beritasampit.co.id, saat masa buruh sudah menyemut dihalamam Gedung DPRD, Ketua DPC KSPSI Kabupaten Kobar, Kosim Hidayat yang memimpin aksi demo dampai, dalam orasi pidatonya, menyampaikan 12 poin tuntutan kaum buruh kepada pemerintah untuk menindak tegas kepada perusahaan yang tidak mentaati Undang-Undang.

    Yakni, minta ketegasan terhadap pengguna tenaga kerja Outsoursing agar mengikuti Undang-Undang yang berlaku dan segera mengangkat menjadi tenaga kerja tetap. Menolak mutasi kerja, terhadap tenaga kerja yang memasuki masa pension.Menolak system kerja harian tetap, yang dirubah menjadi pekerja borongan murni.

    “Menindak tegas perusahaan yang tidak mengikut sertakan pekerja ke BPJS ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan dan mengenai pelaksana UMK/UMSK sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No.13/2003,pasal 92. Serta mengenai penerimaan tenaga kerja,sesuai Undang-Undang No.13/2003, tegas Kosim, yang disambut teriakan para Buruh,” Hidup Pemerintah”.

    Kosim Hidayat, juga meminta kepada perusahaan,segera mengangkat tenaga kerja yang sudah memiliki masa kerja 3 bulan, diangkat menjadi tenaga kerja tetap.Juga menindak tegas kepada perusahaan yang melakukan tindakan intimidasi terhadap pengurus SPSI,sesuai undang-undang No.21/2000.

    “Juga menindak tegas kepada perusahaan yang tidak memberi THR tidak sesuai dengan ketentuan Kep.Men No.6/2016,tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan.Menolak PP.No.78/2015,tentang pengupahan.Kami minta diusulkan kepemerintah pusat kembali keundang-undang 13/2003,serta perubahan komponen KHL dari 60 menjadi 80 item, setujuuu,” tegas Kosim Hidayat, disambut masa buruh,” Setujuuuuuu”

    (man/beritasampit.co.id)