​Keracunan Massal, 134 Warga Dari 3 Desa Dilarikan Kerumah Sakit

    KUALA KAPUAS – Kejadian heboh melanda Kabupaten Kapuas, Rabu (3/5/2017) malam. Ratusan warga dari 3 desa di Kecamatan Kapuas Murung, yakni Tajipan, Mampai, dan Dandang dilarikan ke RSUD Kapuas setelah mengalami keracunan makanan.

    Keracunan tersebut terjadi setelah puluhan warga dari 3 desa tersebut menghadiri acara menyeratus hari yang di adakan oleh Jumbran (29) di Desa Tajipan, acara tersebut dihadiri oleh ratusan orang namun yang menjadi korban keracunan tersebut hanya puluhan orang saja.

    “Para tamu undangan yang hadir makan masak habang. Semua yang hadir makan dan saya pun ikut makan masakan itu juga,” ucap Jumbran.

    Dia juga menuturkan bahwa acara tersebut diadakannya pada pukul 13.00 WIB, terus dilanjutkan dengan acara makan-makan pada pukul 14.00 WIT. Namun kejadian bermula setelah pukul 15.00 WIT, ketika Jumbran melihat anaknya Siti Aisyah (3) mendadak mual-mual dan bolak-balik ke toilet untuk buang air besar.

    “Padahal saya dan beberapa warga yang lain juga ikut makan masakan itu, tetapi anehnya kami tidak ikut mengalami keracunan,” sambungnya.

    “Saya membeli bumbu masak habang serta daging ayam mentahnya dari Pasar Palingkau, dan diolahnya dirumah oleh para ibu-ibu yang ikut membantu memasak,” pungkas Jumbran.

    Menurut informasi yang didapat dari Polres Kapuas, Tim Balakar 545 Kapuas, serta Puskesmas yang ada di 2 Desa di Kecamatan Kapuas Murung, untuk sementara korban yang mengalami keracunan sekira pukul 20.00 WIT, 89 orang dan beetambah berjumlah 134 orang sampai sekarang.

    Sampai pukul 22.49 WIT, mobil Ambulance dari RSUD, Tim Penyelamat, serta Mobil dari sukarelawan lain, masih membawa korban dari Kecamatan Kapuas Murung, untuk dibawa ke RSUD Kapuas.

    (bi/beritasampit.co.id)