​Dinas TPHP dan PT. ASMR Siap Buka Lahan Kebun Jagung di Desa Teluk Pulai

    PANGKALAN BUN – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan (TPHP), kerjasama dengan PT. Andalan Sukses Makmur (ASMR), tahun ini siap membuka lahan kebun jagung untuk masyarakat Desa Teluk Pulai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

    “Kerjasama dari perusahaan PT. ASMR, (BGA Group) antara lain membantu membuka lahan sekitar 100 hektar dan juga memberi bantuan pupuk, kalau benih (biji) jagung sudah disediakan sekitar 1,7 ton dari Dinas Tanaman Pangan Hortikulturan dan Perkebunan Kabupaten Kobar,” jawab Masruni Abdulah, staf PT. ASMR yang juga Anggota Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Kobar, yang ikut dalam Kontingen Pekan Nasional Ke XV Petani Nelayan 6-11 Mei di Provinsi Aceh, saat dibincangi beritasampit.co.id, Rabu (3/5/2017).

    Menurut Masruni, keterlibatan perusahaan PT. ASMR peduli terhadap pertanian dan Kelompok Tani di Desa Teluk Pulai, sebelumnya telah menggarap lahan padi sekitar 100 hektar lebih dan berhasil sukses, panen perdananya dulu telah dibuka oleh Bupati Kobar Bambang Purwanto, bersama Unsur Muspida lainnya.

    “Sekarang, setelah ditanam padi akan dicoba dengan tanaman jagung, yang mengelolanya sama oleh kelompok tani desa teluk pula,” terang Masruni. Terpisah, H.Kamaludin, SH.MSi Kepala Dinas TPHP Kabupaten Kobar, membenarkan di Desa Teluk Pulai, tahun ini akan dibuka lahan kebun jagung.

    “Bibit biji jagung,sudah kami kirim sekitar 1,7 ton ke Desa Teluk Pulai. Tujuannya untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat Desa Teluk Pulai,yang selama ini,wilayahnya masih terisolir,” jawab Kamaludin, saat acara pelepasan Kontingen Penas Ke XV ke Aceh,dihalaman Kantor Bupati Kobar.

    (man/beritasampit.co.id)