​SOPD Diharapkan Lebih Kreatif Dalam Mengoptimalkan PAD Kotim

    SAMPIT – Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Arnila, mengatakan bahwa Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) harus lebih kreatif supaya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam bentuk pajak ataupun retrebusi.

    Karena dikatakan Arnila, Rabu (10/5/2017) kepada Beritasampit.co.id, bahwa penaganan tehnis di lapangan, masing-masing SOPD masih kurang maksimal dalam menggali PAD tersebut.

    “Secara intens, tergantung SOPD, kalau dia tidak aktif dan kreatif maka akan menimbulkan suplus, dan pendapatan yang kurang maksimah sehingga jauh dari angka pendapatan yang ditargetkan,” kata dia.

    Dia, berharap SOPD dapat bekerja maksimal, dalam menangkap peluang yang ada, sehingga tidak terlalu bergantung dengan dengan dana perimbangan pusat yaitu Anggaran Belanja Negara (APBN) ataupun Anggaran Belanja Daerah (APBD) provinsi.

    “Diharapkan, masing- masing SOPD dapat bekerja maksimal bagai mana caranya supaya dapat memaksimalkan pendapatannya masing-masing, karena sampai sekarang masih ketergantungan dengan dana perimbangan, baik dari provinsi maupun pusat,” jelasnya.

    (fzl/beritasampit.co.id)