​Budaya Batamat Al Qur’an di Kecamatan MHS Terus Dilestarikan

    SAMPIT – Budaya atau tradisi masyarakat Kecamatan Mentaya Hilir Selatan ( MHS), Kabupaten Kotawaringin Timur ( Kotim), mengaji atau mengalunkan ayat -ayat Ilahiyah menjadi momentum generasi penerus yang harus dilestarikan.

    Betapa tidak, bagi masyarakat Mentaya Hilir Selatan, Samuda, khusus bagi orang tuanya membaca Alqur’an merupakan tuntutan ilmu yang lurus untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat.

    Kewajiban orang tua mengajarkan ilmu agama kepada anak-anaknya sedini mungkin harus khatam kitab suci Al Qur’an merupakan tujuan yang diprioritaskan.

    Karena dengan membaca kitab suci Al Qur’an serta mengamalkan isi surah yang terkandung di dalamnya menjadi syafaat ( petunjuk) bagi pembacanya hingga yaumil akhir.

    Acara khatam Alqur’an dilaksanakan oleh keluarga Gusti Arsyad dan Norbah berlangsung dikediamannya jalan Pandawa Lima Darat, Kelurahan Basirih Hilir, Samuda, Minggu (14/5/2017).

    Khatam atau batamat membaca Al Qur’an oleh Zahra (7,5) tahun, anak ketiga pasangan Gusti Arsyad dan Norbah itu merupakan kehormatan bagi keluarga yang turut mengundang warga sekitarnya yang berhadir.

    “Acara batamat membaca surah Al Qur’an kami mengucapkan syukur atas tamatnya anak ketiga menyelesai pengajiannya,” ujar Gusti Arsyad saking senangnya.

    Sementara, guru ngajinya Jumiati, ketika dibincangi beritasampit.co.id menuturkan, dalam batamat ada beberapa surah pendek atau Juzz Amma yang dibawakan oleh anak yang batamat. “Ada 12 surat pendek yang akan dibaca. Surahnya mulai Adhuha sampai surat Annas,” katanya.

    Lanjutnya, usai acara batamat dilangsungkan dengan membaca doa yang dipimpin guru jono sebagai penutup acara. Oleh sang guru ngajinya membagikan hiasan yang berbendara uang kertas yang telah disiapkan untuk para undangan yang hadir diantaranya anak-anak juga oarang tuanya.

    Rasa kebersamaan dalam batamat dengan membaca ayat-ayat Al Qur’an terjalin rasa ukhuwah yang terpatri. Bagi yang bertamat hendaknya terus mengamalkannya kehidupan sehari -hari agar kelak menjadi orang yang selalu taat kepada Allah SWT dan Rasulnya.

    (mar/beritasampit).