​Satpol PP Diharapkan Rutin Memonitor Keberadaan PKL

    SAMPIT – Sekretaris Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Alexius Esliter, mengapresiasi kinerja Satuan Polisi Pamong Peraja (Satpol PP) dalam menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di jalan MT. Haryono sekitaran Kodim 1015 Sampit, Senin (15/5/2017)

    Karena memang sebelumnya, pedagang yang berjualan direlokasi pasar Eks Mangkikit mengeluh dengah banyaknya PKL liar yang berjualan dibahu jalan dan trotoar dikawasan tersebut.

    Alasannya klasik. Jualan mereka yang berjualan di dalam pasar kurang laku. Sedangkan mereka yang berjualan dipinggir jalan sedikit menguntungkan dan laku alias laris manis, karena dekat dan praktis.

    Sehingga menimbulkan kecemburuan dari dari pedagang yang di dalam. Selain keluhan pedagang yang di dalam, masalah lain yang ditimbulkan, yaitu mengganggu pengguna jalan dan kelancaran lalulintas.

    Sehungga, Alexius mengapresiasi, kinerja Satpol PP yang sudah turun kelokasi untuk menertibkan PKL tersebut.

    “Ya bagus lah kalau sudah ditertibkan, berarti permohonan kita dari DPRD dan hasil rapat kami bersama Asosoasi pasar mangkikit beberapa minggu yang lalu dipenuhi,” ujar Alex.

    Politisi Partai PDIP tersebut juga mengatakan, bahwa tujan ditertibkan bukan untuk melarang berjualan. Akan tetapi dia menyarankan bahwa berjualan harus sesuai tempat dan ketentuan.

    “Tujan kita bukan melarang. Akan tetapi berjualanlah ditempat yang pantas. Jangan berjualan di bahu jalan dan trotoar. Itu jelas melanggar aturan,” tabdasnya.

    Alex mengharapkan, Satpol PP Kotim dapat terus memonitor keberadaan PKL yang melanggar ketertiban dimanapun lokasinya.

    “Jangn cuma satu lokasi, tetapi saya harapkan Satpol PP Kotim, memonitor keberadaan PKL di semua tempat yang dapat mengganggu dan melanggar ketertiban umum, sehingga permasalahan seperti tidak terjadi lagi di tempat lainnya,” kata Dia

    “Dan saya juga mengharapkan supaya mencegah mereka kembali berjualan pada tempat yang ditertibkan tersebut, harus ada dimonitor secara rutin,” timpalnya.

    (fzl/beritasampit.co.id)