​Guntur Talajan Apresiasi Sampit Sebagai Tuan Rumah Festival Budaya Isen Mulang 2017

    SAMPIT – Festival budaya Isen Mulang Tahun 2017 yang dilaksanakan disampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) siap digelar. Pada teknikal Meeting (TM) yang bertempat di Gedung Serbaguna Sampit, Kamis (18/05/2017), telah dilaksanakan demi mencapai sebuah teknis lomba yang disiapkan oleh panitia.

    Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Dr. Guntur Tajalan, SH., M.Pd yang saat ini baru saja usai meninjau titik yang akan dilangsungkannya seluruh agenda acara yakni di Taman Kota Sampit, Patung Ikon Ikan Jelawat dan Stadion 29 November.

    Dikatakan bahwa kemungkinan di tahun-tahun selanjutnya, tidak menutup kemungkinan jika Festival Budaya Isen Mulang yang akan datang juga dilaksanakan di kabupaten lainnya.

    Berdasarkan informasi, Ada 20 macam cabang lomba yang diadakan diantaranya :
    1. Lomba Pawai Budaya
    2. Lomba Jukung Tradisional
    3. Lomba Besei Kambe
    4. Lomba Jukung/Perahu Hias
    5. Lomba Manaweng, Manetek dan Manyila Kayu
    6. Lomba Panginan Tradisional
    7. Lomba Mangaruhi
    8. Lomba Lawang Sekepeng
    9. Lomba Tari Daerah
    10. Lomba Balugu
    11. Lomba Fotografi
    12. Lomba Lagu Daerah
    13. Lomba Malamang
    14. Lomba Mangenta
    15. Lomba Sepak Sawut
    16. Lomba Habayang
    17. Lomba Manyipet
    18. Lomba Pemilihan Putra Putri Pariwisata
    19. Lomba Karungut
    20. Eksebisi Penginapan Sukup Simpang

    “Berdasarkan data yang hadir hari ini ada 2056 orang yang mengikuti Festival ini. Untuk kesiapan acara sejauh ini sudah siap 99% dan untuk karnaval malam ini gladi untuk memasang nomor urut peserta. Dan besok sudah siap tampil jam 1 siang berdasarkan undangan.”ungkap Guntur (18/05/2017).

    Untuk seluruh agenda acara nanti lanjutnya akan digelar di Taman Kota Sampit, Patung Ikon Ikan Jelawat dan Stadion 29 November Sampit. Kemungkinan ditahun berikutnya pelaksanaan serupa katanya diselenggarakan di kabupaten lainnya di Kalteng.

    “Untuk kondisi lapangan yang akan dipakai telah siap. Yang lebih menarik adalah tempat kegiatan berada ditengah kota, dan yang paling banyak kegiatan adalah di taman kota,” ucapnya.

    Ia juga menambahkan, pada acara ini akan menjadi berkah untuk kota sampit. Dan para peserta atau penonton yang datang dari luar kota bisa datang kembali ke kota sampit pada waktu yang akan datang. Apa lagi sampit memiliki pantai di teluk sampit yang sangat menarik.

    Guntur erharap bahwa untuk masyarakat bisa menyaksikan pergelaran Festival Budaya Isen Mulang ini sampai dengan acara puncak Hari Ulang Tahun Kalimantan Tengah pada tanggal 23 Mei mendatang.

    (jmy/beritasampit.co.id)