​Murung Raya Siap Pertahankan Gelar Juara

    SAMPIT – Festival Budaya Isen Mulang 2017, dalam rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun ini diselenggarakan di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

    Dalam agenda tersebut, Festival Budaya Isen Mulang seperti tahun-tahun sebelumnya diikuti oleh 14 Kabupaten/Kota. Tercatat berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, tahun ini peserta yang ikut pelaksanan event  besar itu adalah sebanyak 2056 peserta.

    Salah satu kabupaten yang sangat berambisi untuk mempertahankan gelar juara dan ingin menambah koleksi piala ke sembilan (9) kali adalah Kabupaten Murung Raya.

    Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Murung Raya, Regita. Seusai teknikal meeting di Gedung Serbaguna Sampit, Kamis (18/05/2017) siang.

    “Target kita tahun ini pada pergelaran Festival Budaya Isen Mulang 2017 yang dilaksanakan di Sampit adalah mempertahankan gelar juara dan memperbanyak gelar juara atau piala yang ke sembilan 9 kalinya,” ucap Regita (18/05/2017).

    “Kami sudah mempersiapkan dan mematangkan persiapan untuk mengikuti seluruh cabang lomba,” ungkapnya.

    Ia juga berharap dalam pergelaran Festival Budaya Isen Mulang di Sampit ini dapat meningkatkan pesona Kota Sampit, serta akan menambah kreatifitas ekonomi Sampit.

    Disamping itu dapat memicu semangat pelaku usaha dan pelaku ekonomi di Kalimantan Tengah khusus nya Sampit.

    “Untuk Festival Budaya Isen Mulang, Kita Membawa sekitar 253 Orang, ditambah dengan cabang olahraga sehingga kekuatan kami menjadi 330 orang. Dengan semangat dan tekad hati kita. Kabupaten Murung Raya siap menjadi juara umum pada tahun ini,” tegas Regita.

    “Adapun dari 19 cabang yang paling kita tergetkan adalah Pawai Budaya, Perahu Hias, Tarian Tradisional dan Tari Pesisir,” tambahnya.

    Sekedar mengingatkan bahwa Kontingen Murung Raya datang ke Kota Sampit tanggal sejak tanggal 16 Mei lalu. Dan kontingen yang paling banyak yang mendominasi Seluruh cabang lomba adalah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Murung Raya.

    Adapun kejuaraan kontingen murung raya yang berhasil dikumpulkan sejak 2007, 2008, 2009, 2010 juara 2, 2011, 2012, 2013, 2014 dan 2016.

    (jmy/beritasampit.co.id)