​Lomba Karungut Sudah Selesai, ini Juaranya 

    SAMPIT – Lomba Karungut dalam rangka memeriahkan festival budaya isen mulang (FBIM) untuk memperingati hari jadi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang ke 60 tahun telah selesai di selengarakan dan menghasilkan juara.

    Salah satu juri Chendana Putra Syaer Sua mengatakan dari 10 peserta putri dan 9 peserta putra akhirnya keluar sebagai juara terbaik 1,2 dan 3 lomba Karungut putra-putri.

    “Dalam lomba nyanyi karungut putra terbaik 1 di raih oleh Kabupaten Katingan dengan nilai 2504, terbaik 2 di raih oleh Kabupaten Gunung Mas dengan nilai 2467, yang keluar sebagai terbaik 3 adalah kabupaten kotawaringin Timur dengan nilai 2444, sedangak di tingkat putri terbaik 1 kabupaten Murung Raya dengan nilai 2425, terbaik dua di raih oleh Kabupaten Gunung Mas dengan nilai 2423, dan untuk terbaik 3 di raih oleh Kabupaten Kapuas dengan nilai 2942,” kata Chendana setelah peneyerahan piala kepada para juara, Minggu (21/5/2017) malam.

    Chendana juga menambahkan untuk penilain serta penjurian dari juri dalam rangka lomba menyanyi Karungut ini harus benar-benar teliti karena tehnik serta cengkok yang di bawa oleh para peserta ini berbeda-beda.

    “Karungut ini punya keunikan tersendiri, didalam pembawaannya yang membedakan kerungut ini. Menyesuaikan diri dengan petunjuk yang sudah di tentukan dan itu khas sekali sesuai kerungut pada umumnya, karena dalam hal itu tehnik dari si penyanyi itu lah yang menyusaikan diri dengan lagu yang di bawa serta menjaga cengkok suaranya agar semakin indah di dengar,” terangnya.

    (im/beritasampit.co.id)

    (Visited 4 times, 1 visits today)