Banjir Masih Selimuti Wilayah Utara Kotim, Aktivitas Warga Kuala Kuayan Lumpuh

    SAMPIT – Masalah banjir memang tak akan pernah padam dari bencana yang melanda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) bagian utara.

    Karena, hampir setiap tahun apa bila tiba musim hujan maka beberapa wilayah seperti kecamatan Telaga Antang, Antang Kalang, Bukit Santuai dan Mentaya Hulu termasuk Parenggean terendam banjir hingga membuat lumpuh aktivitas masyarakat mulai dari rumah, sawah hingga sekolahan yang tergenag oleh banjir.

    Dari hasil komunikasi beritasampit.co.id, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Sutoyo, dari Badan 

    Penanggulangan Bencana Daerah (DPBD) Kotim, Kamis (25/5/2017) menyampaikan bahwa, perkembangan banjir terkini di beberapa wilayah bagian utara Kotim tersebut.

    “Terakhir kami survey banjir di kecamatan Antang Kalang Senin kemaren, dan keadaannya sudah surut, tinggal beberapa ruas jalan yang terendam, kalau rumah sudah tidak ada yang terendam di Telaga antang juga sudah surut” ujar Sutoyo.

    Akan tetapi, lanjutnya, volume air sekarang malah naik diwilayah kecamatan Kuala kuayan hingga merendam 20 rumah dan 3 Sekolah Dasar (SD) dengan ketinggian 20 hingga 30 cinti meter (cm) dan ruasjalan terendam hingga ketinggian 50 sampai 70 cm.

    Dikatakan Sutoyo lagi, bahwa pemerintah daerah selalu memantau perkembangan bencana banjir tersebut melalui DPBD dan instansi terkait.

    “Pemeeintah daerah tetap memantau, dan kalau memang informasi dari camat, kades dan masyarakat meminta kami untuk turun, kami akan siap turun. Untuk logistik selalu siap. Akan tetapi semua prosedur pemberian bantuan tetap dilakukan, sehingga tidak sembarangan beri,” kata dia.

    (fzl/beritasampit.co.id)