​Tim Gabungan Periksa 50 Sampel Makanan Menu Berbuka Puasa Selama Dua Hari

    SAMPIT – Tim gabungan terdiri dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Laboratorium Kesehatan Daerah (Lapkesda), dan juga Disperindag Kabupaten Kotawarin Timur (Kotim), memeriksa 50 item makanan menu berbuka puasa.

    Petugas melaksanakan kegiatan di Pasar Ramadan Taman Kota Sampit, Pasar Sajumput, dan Pasar Ramadan Baamang, selama dua hari sejak 29-30 Mei 2017.

    50 sampel makanan tersebut diperiksa untuk mengetahui apakah bahan makanan dan minuman tersebut mengandung bahan berbahaya atau tidak.
     
    “Kami melakukan pengambilan sampel makanan di dua tempat yakni Taman Kota dan di Pasar Ramadan di Jalan Muchran Ali,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim, Bambang Supiansyah, (30/5/2017).

    50 makanan yang diambil dari para pedagang bermacam-macam, mulai dari kue, kolak, serta gorengan yang terlalu transparan warnanya.

    “Untuk mengetahui makanan tersebut mengandung zat berbahaya atau tidak akan kami lakukan pengujian di laboratorium. Namun hasil pengujian tidak akan keluar langsung karena memakan waktu dua pekan,” terangnya.

    Saat ini pihaknya mengantisipasi agar tidak ada makanan yang mengandung zat kimia berbahaya, boraks, formalin, dan zat kimia pewarna tekstil. Jika hasil dari sampel tersebut keluar, pihaknya akan kami menyampaikan hasilnya.

    (im/beritasampit.co.id)