​Rahmat Hamka : Audit Terbuka Keberadaan PBS

    Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Kalteng Rahmat N. Hamka mengatakan keberadaan Perkebunan Besar Swasta (PBS) khususnya Kelapa Sawit harus memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

    Hal itu, senada yang selalu sering disampaikan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam setiap kesempatan, agar PBS disektor perkebunan kelapa sawit melaksanakan program kebun plasma 20 persen utk masyarakat.

    Untuk hal tersebut Rahmat Hamka selaku wakil rakyat dari dapil Kalteng, sangat mendukung sekali apa yang menjadi arah kebijakan Gubernur Kalteng.

    “Jangan sampai masyarakat hanya jadi penonton. Harus ada pelibatan masyarakat secara aktif baik sebagai pekerja maupun penerima kebun plasma,” terangnya, (11/6/2017).

    Menurutnya apabila PBS tidak mengindahkan hal tersebut dan terkesan mengabaikan, maka harus ada sikap tegas dari pemerintah, serta juga diusulkan agar segera diadakan audit terbuka secara independen terhadap keberadaan PBS.

    Sehingga dapat diketahui kebenaran luasan dan juga pemanfaatan kawasan sudah sesuai peruntukkannya apa belum. “Saya sudah mendapat banyak masukan tentang keberadaan PBS yang belum mengindahkan hal-hal tersebut,” pungkasnya.

    (raf/beritasampit.co.id)