​Hore…Warga Serahkan Sukarela Owa-Owa ke Balai BKSDA Pos Sampit

    SAMPIT – Owa-owa sebagai adalah satu Hewan primata pintar sangat banyak di temukan di kawasan hutan di Kalimantan. Akan tetapi karena kepintarannya itu owa-owa tak jarang diburu untuk di pelihara bahkan diperjual belikan.

    Sehingga populasi mereka di hutan kian berkurang. Pemerintah menetapkan owa-owa sebagai salah satu hewan primata yang dilindungi oleh undang-undang.

    Pada hari Selasa kemarin (20/6/2017) seorang warga masyarakat Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dengan suka rela menyerahkan owa-owa peliharaanya kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah (Kalteng).

    Serah terima yang dilangsungkan secara resmi tersebut langsung di terima Kepala BKSDA Pos Sampit Kotim Muriansyah. Kedua belah pihak menandatangani berita acara serah terima.

    Muriansyah mengatakan bahwa kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian marga satwa yang dilindungi sangat penting, demi untuk kelangsungan hidup hewan tersebut pada habitatnya. Dan hewan yang diserahkan masyarakat akan langsung mereka tempatkan dikawasan konservasi.

    “Kesadaran masyarakat sangat penting untuk kelangsungan hewan seperti contohnya owa-owa tersebut, karena memang habitat mereka berada dihutan. Dan sekarang pun owa-owa yang diserahkan salah satu warga kemarin sudah berada di translokasi Suka Margasatwa Lamandau,” katanya, Kamis (22/6/2017).

    (fzl/beritasampit.co.id)