​Semaraknya Malam Takbiran di Samuda, Ada Mobil Hias Serta Hadiah Menarik Lho

    SAMPIT – Tradisi menyemarakan malam takbiran di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), yang dilombakan puluhan mobil berhias serta diikuti ratusan kendaraan roda dua dimalam 1 Syawal 1438 Hijriah berlangsung di depan Rumah Jabatan Camat Jalan Partoe Muksin Samuda.

    Lomba pawai mobil berhias masing-masing mewakili masjid maupun mushola di kecamata itu dimulai pukul 20.15 WIB dengan melantunkan, Takbir, Tahmid dan Tahlil dengan kekompakan peserta dalam mengagungkan kebesaran Allah SWT, Sabtu ( 24/6/2017) malam.

    Selain lomba yang diikuti puluhan mobil berhias, juga tak lebih dari 500-an unit kendaraan roda dua turut serta mengiringi rute yang telah ditetapkan panitia untuk berkeliling mengumandangkan Takbiran tersebut.

    Pantauan beritasampit.co.id, tahun ini peserta lomba mobil berhias berkurang dari tahun lalu karena suasana kota di kecamatan turun hujan hingga malam. Meski demikian, semangat para peserta lomba, tetap antusias terutama terlihat dari jumlah kendaraan roda dua nan hadir sangat membeludak.

    “Karena hujan dari pagi hingga malam ini sedikit menghalangi kehadiran peserta lainnya, tapi makin semarak karena di ikuti pengendara roda dua yang sangat banyak jumlahnya,” kata Abdullah Ketua panitia PHBI Kelurahan Basirih Hilir yang bekerjasama dengan PHBI Kecamatan itu.

    Semangat peserta maupun antusias warga selatan walaupun hujan gerimis, mobil hias yang turut dalam peserta lomba mewakili nama masjid maupun mushola masih tetap eksis berhadir pada acara lomba itu. ” Untuk mobil hias yang ikut lomba takbir keliling malam ini sebanyak 23 unit, suasana malam takbiran lebih ramai karena diiringi ratusan kendaraan roda dua,” ujar Abdullah usai berjalannya start peserta lomba.

    Semarak takbiran 1 Syawal 1438 H tetap menyedot seluruh warga yang hadir di seputar rute yang dilewati para peserta lomba. Rupanya dari catatan panitia tak hanya warga Kecamatan Samuda saja, melainkan warga kecamatan tetangga seperti, Kecamatan Teluk Sampit, Pulau Hanaut dan Bagendang turut merayakannya.

    Camat Mentaya Hilir Selatan, Syahrudin,S.Sos langsung membuka start pawai lomba malam takbiran, dan berpesan kepada para peserta untuk berhati – hati, jangan saling mendahului. Lakukan perjalanan gema takbir dengan tertib saling menjaga keselamatan bersama.

    “Saya meminta kepada peserta lomba mobil hias menjalankan mobilnya agar berhati-hati turutilah rute yang ditentukan. Jagalah keselamatan bersama dengan melantunkan Takbir, Tahmid dan Tahlil,” pesannya saat membuka start pawai mobil hias, Sabtu (24/6/2017) malam.

    Turut hadir malam gema takbiran itu, Camat MHS, Syahrudin, Sekcam Akhmad Zuhdi, Lurah Basirih Hilir , Abdullah, S.Sos, Danramil 1015-06 Peltu Akhmad Yani, Kapolsek Jaya Karya , Ipda Hamdan Samudro, UPTD Perhubungan Kharnaen, Kepala Deaa Jaya Kelapa , Ardiani dan panitia dan masyarakat yang ada di empat kecamatan selatan.

    Adapun rute pawai keliling lomba mobil hias malam itu start mulai Rumah Jabatan (Rujab) Camat jalan Patoe Muksin, jalan AMD Manunggal lV, belok ke Gang H Malimah, menuju Jalan H Umar Hasyim arah pasar, terus kejalan HM Ilmi, memutar kegang Mupakat desa Jaya Kelapa kemudian kejalan Badawihudan hingga jalan Dwikora dan phinis di kantor halaman DAD Kecamatan MHS, persisnya perempatan jalan jalan Partoe Muksin.

    Usai acara itu, panitia mengumumkan berbagai pemenangnya, untuk juara pertama, Masjid Nurul Islam dari desa Jaya Kelapa, Juara kedua, mushola Hairiyah dari Kelurahan Basirih Hilir dan juara tiga Masjid Darul Ikhsan dari desa Jaya Kelapa.

    Selain itu, panitia juga memberikan doorprize kepada kendaraan yang mengikuti iring-iringan takbir keliling yang telah diberi nomor pengundi sebelumnya turut mendapatkan hadiah. “Ada 6 bingkisan doorprize untuk kendaraan yang turut mengikuti gema malam takbir ini,” kata Jainul panitia pelaksana.

    (mar/beritasampit)