​Bakti Sosial, RAPI dan BLH Bersihkan Sampah di Pantai Ujung Pandaran

    SAMPIT – Minggu 2 Juli 2017 pukul 08.00 WIB, bertempat di Pantai Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit, diadakan Bakti Sosial Berupa Gotong royong dalam rangka membersihan lokasi pesisir pantai Ujung Pandaran yang dilakukan oleh RAPI (Radio Antar Penduduk Indoesia) wilayah 02 Kotim bersama Dinas Lingkungan Hidup didukung oleh satu armada truck.

    Latar belakang RAPI Wilayah 02 Kotawaringin Timur, menggelar Bakti Sosial ini, karena dianggap Pantai Ujung pandaran merupakan obyek wisata yang ramai mendapat kunjungan pada setiap musim liburan, tidak hanya dari warga kotim tapi juga dari luar daerah. Sehingga pada setiap akhir musim liburan dapat dipastikan banyak berserakan sampah baik berupa sisa sisa makanan, plastik bekas dan juga berbagai macam jenis botol baik plastik maupun Kaca

    Kegiatan bakti sosial berupa gotong royong mengumpulkan sampah di Ujung Pandaran kali pertama dilakukan oleh RAPI Wilayah 02 Kotim mendapat dukungan penuh dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotim dengan bertujuan untuk memberikan semangat dan support kepada siapapun agar selalu tetap menjaga Kebesihan di ujung pandaran.

    Sebelum memulai Kegiatan Suparman selaku kepala Dinas Lingkungan Hidup berpesan agar seluruh sampah yang terkumpul jangan ada yang dibakar dan nanti akan dibawa kesampit untuk dibuang ke TPA. “Dengan menggunakan truck pengangkut yang sudah dipersiapkan,” ujar Suparman.

    Ketua RAPI Wilayah 02 Kotim Jumriansyah SE, melalui Koordinator Lapangan Bakti Sosial Yahya Sofia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh hampir 20 Anggota RAPI serta simpatisan RAPI yang peduli pada kegiatan tersebut. “Acara ini pula merupakan lanjutan dari acara sebelumnya yaitu Halal bihalal Anggota RAPI dan Simpatisan yang berlangsung di ujung pandaran pada malam sebelumnya. Sehingga Halal Bihalal Sekaligus ditutup dengan aksi Bakti sosial,” ujar Yahya Sofia.

    Ditambahkan, pemungutan sampah yang berserakan dan kemudian dimasukan kedalam satu buah tempat kantong plastik yang dibawa, dan selanjutnya dikumpulkan di satu titik yang kemudian dimasukan ke dalam truck yang sudah menunggu. Adapun bentuk sampah yang diambil yaitu sampah plastik, kaleng bekas, serta botol plastik maupun kaca dan banyak terdapat bekas pampers anak-anak bekas pakai serta sisa batok kepala muda.

    Kemudian sisa sisa kayu bekas yang berhamburan disisi pantai yang terpencar diarea pantai yang tersebar menjadi tumpukan tumpukan kecil. Acara Bakti sosial kemudian ditutup dengan makan siang bersama.

    (ist/beritasampit.com)