​KSOP Rencanakan Bangun Fasilitas Pelabuhan Teluk Segintung 

    KUALA PEMBUANG – Pihak Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, rencanakan membangun sejumlah fasilitas di Pelabuhan Laut Teluk Segintung, yang akan dilaksanakan pada 2018 mendatang.

    “Pembangunan ini merupakan kerjasama antara Perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dengan pihak pemerintah, dan akan dilaksanakan pada 2018 nanti,” kata Pelaksana harian (Plh) Bagian Kelaikan Kapal KSOP Kuala Pembuang Abdullah di Kuala Pembuang, Rabu (6/7/2017).

    Lanjutnya, fasilitas yang akan dibangun adalah pos pelayanan, instalasi kelistrikan dan terminal penumpang. Oleh karena itu, kami berharap agar pihak Pelni segera menyelesaikan proses kerjasama dengan pemerintah agar pembangunan fasilitas ini dapat segera terlaksana. “Kami sangat mendukung rencananya pembangunan ini,” katanya.

    Ia menjelaskan, untuk terminal penumpang secara infrastruktur sudah cukup memadai sehingga memudahkan dalam arus mudik dan balik lebaran. Tentunya juga akan memudahkan pihak pelayaran (kapal), mengingat kapal tidak perlu lagi keluar masuk sungai dan bergantung dari siklus pasang surut air.

    Selain itu terang Abdullah, Pelabuhan Segintung sudah digunakan oleh pelayaran perintis untuk mengangkut pemudik dari Kuala Pembuang menuju Pulau Jawa. “Rute pelayaran perintis ini adalah Kuala Pembuang – Pulau Karimun Jawa – Semarang, Jawa Tengah dan dengan durasi perjalanan tiga hari dua malam,” katanya.

    Ia menambahkan, untuk penumpang pelayaran perintis ini masih belum terlalu banyak seperti di daerah-daerah lain yang lebih ramai serta dengan kapal yang lebih besar karena ukuran dan kapasitas penumpang kapal yang kecil.

    (rdi/www.beritasampit.co.id)