​Akper Pemkab Kotim Terima Mahasiswa Baru Dengan Hafalan Quran

    SAMPIT – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Kampus Akademi Keperawatan (Akper) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim), setelah gelombang pertama usai pada beberapa bulan lalu, kini kampus tersebut telah berlangsung Pmb di gelombang tahap kedua.

    Pada gelombang kedua berlangsung mulai tanggal 30 mei sampai dengan 14 juli 2017. Adapun jalur seleksi PMB meliputi :
    1. Penelusuran Minat Prestasi (termasuk Tahfidz Quran)
    2. Seleksi Tertulis (Reguler Regional) pada 18 juli 2017.

    Hal tersebut diterangkan oleh Sekteratis Panitia PMB, Kusnadi Jaya bahwa mereka bisa menerima kuota sampai 100 org berdasarkan ketentuan. Dengan menerima Calon Mahasiswa Baru melalui jalur seleksi seperti demikian.

    “Untuk jalur prestasi dan hafidz quran kita menerima 21 orang. Dijalur seleksi umum dan regional gelombang 1 kami menerima 50 orang, dan sisanya akan diperebutkan oleh pendaftar gelombang kedua. Sampai hari ini pendaftar gelombang kedua sudah mencapai angka 76,” ungkapnya, Kamis (13/7/2017).

    Ia juga menegaskan bahwa PMB dengan jalur prestasi Hafidz Quran memang disediakan setiap tahunnya. Selain itu, Kusnadi juga mengungkapkan alasan kenapa kampusnya menerima jalur dengan Hafidz Quran.

    “Hafalan adalah salah satu dari sekian macam potensi kecerdasan. Seperti Hafidz Quran,” ucap singkatnya. Lanjutnya, Pendidikan keperawatan memang bukan pendidikan yang mudah sebab setelah lulus nanti mereka berinteraksi dengan manusia dan segala keunikannya, baik sehat maupun sakit.

    Membuat mereka melakukan perilaku yg menunjang kesehatan dan membantu mereka berespon secara tepat terhadap perubahan dalam kehidupannya. Oleh sebab itu tuntutan terhadap perawat tentu sangat besar. Bukan hanya pandai dan terampil tapi juga memiliki attitude yang baik.

    “Ilmu keperawatan dan kurikulum sudah kita siapkan untuk mendukung terwujudnya karakter lulusan yang digambarkan tadi, tinggal mahasiswa mengikuti prosesnya dengan tekun dan penuh kesabaran,” tutupnya.

    (jmy/beritasampit.co.id)